Implementasi Literasi Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis AlQur’an Di MAN 1 Kutai Kartanegara
Abstract
ABSTRAK
Farah Faradina Pattinaya, 2024 “Implementasi Literasi Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis AlQur’an Di MAN 1 Kutai Kartanegara”. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Zamroni, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Bapak Muhammad Khairul Rijal, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh program sekolah melalui guru Al-Qur’an Hadis yang betujuan untuk meningkatkan prestasi keagamaan, meningkatkan intensitas baca tulis Al-Qur’an peserta didik dan mengatasi rendahnya minat baca tulis Al-Qur’an. Literasi baca tulis Al-Qur’an dilaksanakan selama 15 menit sebelum Pembelajaran Al-Qur’an Hadis dimulai. Dari observasi ditemukan bahwa minat baca tulis Al-Qur’an peserta didik tergolong rendah. Dari beberapa paparan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi literasi pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan keterampilan baca tulis AlQur’an di MAN 1 Kutai Kartanegara.
Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, serta teknik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang di dapat dalam proses implementasi literasi pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan keterampilan baca tulis Al-Qur’an di MAN 1 Kutai Kartanegara dilakukan 3 tahapan, yaitu perencanaan berupa RPP, Metode dan media yang dirancang sesuai dengan pembelajaran, pelaksanaan melalui kegiatan membaca dan menulis Al-Qur’an dan Hadis selama 15 menit sebagai pengantar sebelum masuk ke materi Pembelajaran, dan evaluasi yang dilakukan berupa pemberian reward dan punishment kepada peserta didik. Serta faktor pendukung dalam proses implementasi literasi baca tulis Al-Qur’an Hadis di MAN 1 Kutai Kartanegara seperti menyediakan fasilitas dalam proses pelaksanaan dan dorongan dari lingkungan sekolah. Adapun penghambat dalam proses implementasi literasi baca tulis Al-Qur’an Hadis di MAN 1 Kutai Kartanegara seperti kurangnya kesadaran diri peserta didik dalam literasi dan kurangya motivasi. Serta adanya faktor penghambat eksternal seperti lingkungan yang kurang mendukung dan kurangnya dukungan dari keluarga.