Proses Pembelajaran Program Kelas Khusus Internasioanl (KKI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Slamet Riyadi, 2024. Proses Pembelajaran Program Kelas Khusus Internasioanl (KKI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Dr. Siti Julaiha, S.Ag., M.Pd. selaku Pembimbing I dan Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I selaku Pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah Kelas Khsusus Internasional (KKI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) merupakan salah satu program unggulan yang dimiliki Universias Islam Negeri Sulan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Program ini dikhususkan kepada mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Program ini berbeda dengan program reguler biasa, mahasiswa yang tergabung dalam program ini dipilih melalui proses seleksi dan juga mendapatkan fasilitas sarana dan prasarana yang berbeda dengan kelas reguler. Berbagai macam kegiatan tambahan dilakukan oleh pihak pengelola demi menciptakakan pembelajaran yang bernuansa internasional.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ialah pendekatan dekskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk narasi atau kata-kata. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini ialah para pengelola program Kelas Khusus Internasional (KKI) Universias Islam Negeri Sulan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda dan beberapa dosen dan mahasiswa. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah kondensasi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya proses pembelajaran program Kelas Khusus Internasional (KKI) Universias Islam Negeri Sulan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda dimana dosen yang mengajar menggunakan berbagai macam metode dalam proses pembelajaran seperti student active learning dan student center learning, diskusi, ceramah, dan ada juga yang mengkolaborasikan berbagai macam metode tersebut. Selain metode, penggunaan media dalam proses pembelajaran juga digunakan dalam proses pembelajan betujuan untuk mempermudah dalam proses pembelajaran, adapun media yang digunakan seperti, LCD, laptop, Google Classroom, Microsoft Power Point, media karton, dan speaker. Kemudian pada proses pembelajaran digunakan model pembelajaran Course Review Horay dan model pembelajaran Snowball Throwing bertujuan agar dalam proses pembelajaran tidak membosankan. Penerapam dari metode, media dan model pembelajaran tetap menyesuaikan dengan materi sarana dan prasarana serta waktu dalam proses pembelajaran. Dalam penerapan metode, media, dan model pembelajaran terdapat faktor pendukung dan penghambat, adapaun faktor pendukungnya yaitu, kondisi mahasiswa, lingkungan kelas, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya hampir tidak ada hanya terkendala padasaat penggunaan bahasa asing dalam proses pembelajaran.