Problematika Implementasi Program Literasi Al-Qur’an Pada Peserta Didik di SMP Negeri 15 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Chusnul Chotimah, 2024, Problematika Implementasi Program Literasi Al-Qur’an Pada Peserta Didik di SMP Negeri 15 Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda di bawah bimbingan Ibu Dra. Etty Nurbayani, M. Pd selaku pembimbing I dan Ibu Indriana Rahmawati, M. Pd selaku pembimbing II.
SMP Negeri 15 Samarinda merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui bacaan Al-Qur’an. Dengan begitu, SMP Negeri 15 Samarinda mengimplementasikan program literasi Al-Qur’an bagi peserta didiknya. Dalam program ini, peserta didik dibiasakan untuk membaca Al-Qur’an setiap harinya selama 15 menit. Literasi ini dilakukan dengan satu pemandu yang dipilih oleh guru untuk menjadi stimulan teman sebayanya membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar melalui pengeras suara di ruang tata usaha. Kemudian, peserta didik lainnya hanya menyimak bacaan tersebut dari ruang kelas masing.masing. Saat literasi Al-Qur’an berjalanpun banyak peserta didik yang tidak membawa mushaf, tetapi ada beberapa yang membawa mushaf. Selain itu, dengan jumlah guru yang terbatas dan kurangnya kesadaran dari beberapa guru saat program ini berjalan mengakibatkan kondisi literasi Al-Qur’an menjadi tidak kondusif. Sebab, bagi ruang kelas yang tidak diawasi oleh guru peserta didik tidak mengikuti literasi tersebut. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui problematika apa saja yang terjadi pada implementasi program literasi Al-Qur’an di SMP Negeri 15 Samarinda.
Penelitian yang dilakukan peneliti yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan penelitian lapangan, kemudian teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, guru agama islam, dan peserta didik SMP negeri 15 Samarinda. Uji keabsahan datanya menggunakan uji kredibilitas yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisisnya menggunakan analisis data interaktif berupa: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu implementasi program literasi AlQur’an dilaksanakan sebelum jam pelajaran pertama dimulai yang diikuti oleh seluruh ruang kelas dengan cara menyimak dan mendengarkan bacaan Al-Qur’an yang dibawakan oleh pemandu melalui pengeras suara selama 15 menit. Literasi Al-Qur’an ini secara rutin dilakukan setiap hari selasa sampai hari jum’at. Pemandu yang memimpin literasi Al-Qur’an dipilih langsung oleh pihak sekolah dengan alasan sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Walaupun masih terdapat beberapa permasalahan, pihak sekolah tetap menjalankan program yang sudah dilakukan selama kurang lebih 7 tahun ini. Dengan harapan dikemudian hari program literasi Al-Qur’an ini dapat berjalan secara terstruktur dan dapat diikuti oleh seluruh peserta didik yang beragama islam.