dc.description.abstract | ABSTRAK
M. Nafiul Walid, 2024, “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kualitas Sholat Berjamaah Siswi Di SMA Nabil Husein Samarinda.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Lismina, S.Ag, M.Pd.I dan Ibu Aam Amaliatus Sholihah, M.Pd
Latar belakang membahas tentang strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas sholat berjamaah siswi di SMA Nabil Husein Samarinda. Alasan memilih penelitian ini karena dibidang pendidikan sekarang ini khususnya di pendidikan keagaaman sangat penting sholat berjamaah di lingkungan sekolah bagi siswinya. Setelah peneliti melakukan observasi, peneliti melihat permasalahan dimana beberapa siswi SMA Nabil Husein Samarinda dalam sholat berjamaah seperti adanya ketidak disiplinan mereka, tidak ikut wiridan dalam sholat berjamaah, belum siap-siap serta ribut saat sholat sehingga hal-hal tersebut secara tidak langsung mempengaruhi kualitas sholat berjamaah. Oleh sebab itu, strategi untuk meningkatkan kualitas sholat berjamaah di SMA Nabil Husein Samarinda sangat diperlukan. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kualitas sholat berjamaah siswi di SMA Nabil Husein Samarinda, sehingga kedepannya bisa menjadi generasi yang berkulitas dan berakhlak terpuji.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat memaparkan dan bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lengkap tentang sesuatu yang sedang diteliti. Sumber data dalam penelitian ini adalah sebanyak sembilan narasumber dari wawancara yang dilakukan kepada Kepala Sekolah, Guru PAI, Waka Kurikulum, dan enam orang siswi SMA Nabil Husein Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode menurut Mile and Hubermen yaitu analisi data kualitatif yang dilakukan interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh.
Hasil penelitian adalah strategi dalam meningkatkan kualitas sholat berjamaah yang digunakan oleh guru PAI yaitu menggunakan 4 strategi seperti strategi nasihat, strategi keteladanan, strategi pembiasaan, dan strategi hukuman. Adapun 5 indikator yang diterapkan untuk mendukung meningkatkan kualitas sholat berjamaah yaitu dengan menilai dari kekhusyu'an dalam sholat, kesamaan gerakan antar jamaah, kesesuaian dalam bacaan, kehadiran secara fisik dan mental dan akhlak dan sikap sesudah melaksanakan sholat. Dilihat dari hasil wawancara kepada guru PAI, kepala sekolah, waka kurikulum, dan didukung dari hasil wawancara 6 siswi SMA Nabil Husein Samarinda bahwa dari empat strategi dan 5 indikator yang diterapkan sudah berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan kualitas sholat berjamaah siswinya secara aktif dan konsisten, dan bisa mendisiplinkan ketepatan hadir tepat waktu dan mampu merubah akhlak dan sikap menjadi lebih baik. | en_US |