dc.description.abstract | ABSTRAK
Ghozi Rozaan Pranadhan, 2024 “Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 38 Samarinda” Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Fathul Janah, M.S.I sebagai pembimbing I dan Bapak Dr. Sabran, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa, mengingat keluarga memiliki peran sangat penting dalam perkembangan dan proses pendidikan siswa siswi, maka dari itu penting adanya kolaborasi antara pihak sekolah dan orang tua siswa siswi untuk pendidikannya. Berdasarkan hasil pengamatan lokasi memperlihatkan bahwa, banyak program yang mengkolaborasikan pihak sekolah dengan orang tua siswa siswi yang menciptakan lingkungan keluarga yang mendukung dan memotivasi belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui lingkungan keluarga di SMP Negeri 38 Samarinda, mengetahui motivasi belajar pendidikan agama islam di SMP Negeri 38 Samarinda, untuk mengetahui seberapa pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam di SMP Negeri 38 Samarinda.
Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 435 siswa dan sampel dari penelitian ini berjumlah 99 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu angket dan dokumentasi. Dapun bentuk pilihan skor yang digunakan dalam kuisioner yakni 4 alternatif jawaban. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan uji prasyarat yang didalamnya terdapat uji normalitas, uji linearitas, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis dan menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa lingkungan keluarga di SMP Negeri 38 Samarinda yang cukup tinggi. Ini dapat dilihat dari setiap nilai yang didapatkan oleh siswa siswi. Nilai 21-25 sebanyak 7.1%, nilai 26-30 sebanyak 13.1%, nilai 31-35 sebanyak 24.2%, nilai 36- 40 sebanyak 27.3%, nilai 41-45 sebanyak 20.2%, dan nilai 46-50 sebanyak 8.1% dengan nilai tertinggi yang didapatkan adalah 50 dari 60. 2) Dapat diketahui bahwa motivasi belajar di SMP Negeri 38 Samarinda memiliki nilai yang cukup tinggi. Ini dapat dilihat dari nilai yang didapatkan oleh siswa siswi. Nilai 23-27 sebanyak 5,1%, nilai 28-32 sebanyak 17,2%, nilai 33-37 sebanyak 30,3%, nilai 38-42 sebanyak 27,3%, nilai 43-47 sebanyak 15,2%, nilai 48-52 sebanyak 4%, dan 53-57 sebanyak 1% dengan nilai tertinggi nya adalah 53 dari 60. 3) Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap motivasi belajar di SMP Negeri 38 Samarinda. Jika dilihat dari perhitungan linear sederhana, menunjukkan bahwa angka koefisien regresi sebesar 0,432. Dan jika dilihat dari hasil nilai Thitung (5,162) > Ttabel (1,661) dengan signifikansi 0,000 maka terdapat pengaruh yang signifikansi antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam siswa SMP Negeri 38 Samarinda. | en_US |