Implementasi Sikap Sosial Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kutai Kartanegara
Abstract
ABSTRAK
Ndaru Alam Prasetya, “Implementasi Sikap Sosial Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kutai Kartanegara”, Skripsi, program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Agama Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Robingatin, M. Ag. Sebagai pembimbing I dan Ibu Nurwati, M. Pd. Sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesadaran peneliti bahwa permasalahan sosial merupakan sebuah masalah yang tidak akan pernah selesai dan secara urgensinya merupakan hal yang sangat penting untuk disadari oleh setiap orang. Oleh karenanya peneliti datang ke Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kutai kartanegara yaitu sekolah bertemakan islami untuk melihat bagaimana sikap sosial anak-anak disekolah ini serta bagaimana implementasinya pada mata pelajaran akidah akhlak. Pada intinya, penelitian ini bertujuan untuk meneliti implementasi sikap sosial pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah tsanawiyah negeri 1 kutai kartanegara.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan fenomonologis. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Sumber data dalam penelitian ini tentunya antara lain adalah murid atau siswa, dan guru akidah akhlak yang terlibat dalam pengajaran pada siswa. adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik miles and hubberman berupa pengumpulan data, Kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Mengenai keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian yang diperoleh dari implementasi sikap sosial pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah tsanawiyah Negeri 1 Kutai kartanegara adalah. Implementasi sikap sosial dilakukan dengan cara menanamkan indikator sikap social pada siswa melalui pembelajaran materi akidah akhlak yang memiliki nilai-nilai pendidikan sosial dan mengharapkan siswa mampu mengimplementasikannya kedalam kehidupan mereka sehari-hari. Guru akidah akhlak dalam tugas mendidik siswa, selalu berperan aktif dengan segala metode dan usaha dalam membentuk perilaku siswa menjadi baik agar implementasi sikap sosial mereka bisa sesuai dengan indikator sikap sosial pada mata pelajaran akidah akhlak. Hal yang dilakukan tidak lain seperti keteladanan, pembiasaan, contoh, kisah, nasehat, dan targhib wa tarhib. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi sikap social pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 1 Kukar antara lain. Dimulai dari faktor pendukung yaitu teman yang tepat, binaan dari guru yang terus bersosial dan mengajarkan siswa di sekolah dengan sabar, minat dan kesadaran siswa masih ada mengenai perilaku sosial. Sedangkan untuk faktor penghambat, yaitu beberapa siswa sering kali tidak mempunyai teman yang tidak tepat dan membawa pergaulan negative dari luar ke dalam lingkungan sekolah.