Efektivitas Pembelajaran AlQur’an Hadits Dengan Strategi Index Card Match bagi siswa MTs Sulaiman Yasin di Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Syawalman Anwar, 2024. “Efektivitas Pembelajaran AlQur’an Hadits Dengan Strategi Index Card Match bagi siswa MTs Sulaiman Yasin di Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh pak Dr.Rusdi, M.SI selaku dosen pembimbing I dan Ibu Nurhikmah, M.Si selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah fenomena rendahnya semangat aktif belajar siswa pada saat kegiatan belajar terutama dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Hal ini terlihat dari partisipasi siswa yang kurang, kurangnya penekanan pada penjelasan guru, dan pemahaman materi yang kurang optimal serta kurangnya pilihan metode yang bervariasi. Dengan ini maka peneliti tertarik melakukan uji coba untuk menerapkan metode Index Card Match, dikarenakan ada keunggulan yang dimiliki yakni dapat meningkatkan proses belajar serta menciptakan suasana belajar yang membuat siswa senang, selain itu metode Index Card Match juga dapat melatih ketelitian, kecermatan, dan ketepatan serta kecepatan siswa. Tujuannya untuk mengetahui apakah penerapan metode Index Card Match ini efektif dalam meningkatkan semangat aktif belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Sulaiman Yasin di Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Index Card Match dengan bentuk quasi experimental design. Terdiri dari 18 siswa kelas kontrol (VII 2) dan 19 siswa kelas eksperimen (VII 1). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, tes, dan Dokumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dilanjutkan dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Independent sample t test dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS versi 25.
Hasil analisis data ini dilihat dari Uji T dengan Independent Sample t Test menggunakan IBM SPSS versi 25 diperoleh dalam perhitungan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < Sig 0,05 maka sebagaimana pengambilan keputusan uji Independent Sample t test bahwa 𝐻𝑎diterima artinya ada perbedaan antara ratarata keaktifan siswa antara kelas eksperimen dengan menggunakan Index Card Match dan kelas kontrol menggunakan metode diskusi presentasi. Sehingga jawaban dari Rumusan masalah adalah metode Index Card Match sangat Efektif pada Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits bagi siswa MTs Sulaiman Yasin Samarinda.