Pengaruh Pemanfaatan Media Audiovisual Terhadap Kemandirian Belajar Siswa CLC 26 Ladang Kimanis, Sabah, Malaysia
Abstract
ABSTRAK
Awaliyah Karuniah Rahmah, 2024 “Pengaruh Pemanfaatan Media Audiovisual Terhadap Kemandirian Belajar Siswa CLC 26 Ladang Kimanis, Sabah, Malaysia” Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Yunita Noor Azizah, M.Pd.I sebagai dosen pembimbing pertama, dan Dr. Kautsar Eka Wardana, M.Pd sebagai pembimbing kedua.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan yang terjadi di (Community Learning Centre) CLC 26 Ladang Kimanis, Sabah, Malaysia bahwa guru telah menggunakan media saat mengajar dikelas. Materi yang disampaikan kepada siswa dijelaskan dengan media pembelajaran yakni salah satunya dengan media audiovisual. Media audiovisual yang diberlakukan pada pembelajaran, memungkinkan guru untuk menyampaikan materi secara efektif serta dapat mendorong siswa untuk menjadi lebih aktif dan mandiri dalam proses belajar mengajar. Maka tujuan dari penelitian yang ingin dicapai ialah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media audiovisual terhadap kemandirian belajar siswa CLC 26 Ladang Kimanis, Sabah, Malaysia.
Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dimana penelitian dilakukan di CLC 26 Ladang Kimanis, Sabah, Malaysia. Populasi dalam penelitian ialah seluruh siswa SD CLC Kimanis, lalu peneliti melakukan penyebaran kuesioner kepada siswa sebanyak 70 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, angket, dan dokumentasi. Lalu teknik analisis yang digunakan yakni menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk menguji keabsahan data, pada analisis perhitungan yang dilakukan yaitu uji normalitas dan uji linieritas sebagai uji prasyarat. Dilanjutkan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi untuk melihat hubungan antara dua variabel yang ada, serta uji-t untuk menguji hasil pengaruh dan uji koefisien determinasi untuk melihat persentase pengaruh.
Berdasarkan hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media audiovisual mempunyai pengaruh terhadap kemandirian belajar siswa CLC 26 Ladang Kimanis, Sabah, Malaysia. Dengan hasil uji regresi linier konstanta sebesar (a) 13.592 Sedangkan koefisien untuk media audiovisual (b) 0,884 yaitu menunjukkan pengaruh yang searah dan positif. Serta hipotesis korelasi product moment yang dilakukan menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dapat diartikan keduanya memiliki tingkat hubungan pada interval 0,40-0,599. Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan analisis uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Hα diterima maka dalam hal ini menunjukkan terdapat pengaruh. Lalu nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,358 menunjukkan pengaruh media audiovisual terhadap kemandirian sebesar 35,8% dan sisanya 64,2% dipengaruhi faktor lain yakni baik secara internal dan eksternal atau lingkungan yang tidak diteliti dalam penelitian ini.