dc.description.abstract | ABSTRAK
Nur Fatimah, 2024. “Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Card Sort Dalam Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Sulaiman Yasin Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Dr. Rusdi, S.Ag, M.S.I selaku dosen pembimbing I dan bapak H. Susanto, Lc, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang studi ini bermula dari pengamatan terhadap kondisi di MTs Sulaiman Yasin Samarinda, khususnya pada kelas VIII dalam mata pelajaran Akidah Akhlak maka permasalahannya bagaimana guru menciptakan metode pembelajaran yang variatif, menyenangkan dan bermakna sehingga siswa dapat aktif dan semangat dalam belajar dan mencapai ketuntasan dalam belajar. Hal ini terlihat dari pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab ini terlihat siswa kurang berani bertanya kepada guru bahkan sebagian siswa ada yang hanya diam karena siswa masih terkesan malu-malu. Dengan ini maka peneliti tertarik melakukan uji coba untuk menerapkan metode card sort, karena ada keunggulan yang dimiliki yakni dapat melatih ketelitian, kecermatan dan ketepatan siswa. metode card sort dalam proses pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar yang membuat siswa merasa senang, selain itu metode card sort ini efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Sulaiman Yasin Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 siswa. Sampel dalam penelitian ini 49 siswa. 23 siswa kelas kontrol (VIII-2) dan 26 siswa kelas eksperimen (VIII-1). Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dilanjutkan dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji Independent sampel t test dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS versi 25 dan menggunakan rumus Mean.
Hasil data yang diperoleh yaitu dapat dilihat dari Uji T dengan nilai sig adalah 0,000. (Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 karena nilai Sig < 0,05 maka sebagaimana keputusan uji independent sampel t test bahwa diterima dan ditolak. Dan untuk mengetahui keaktifan siswa dengan hasil rata-rata angket keaktifan metode card sort adalah sebesar 3,57 kategori sangat efektif, sehingga kesimpulan yang dapat diambil adalah pembelajaran kooperatif tipe card sort efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Sulaiman Yasin Samarinda. | en_US |