Efektivitas Strategi Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Sabilarrasyad Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Ahmad Rofikiy, 2024. Efektivitas Strategi Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Sabilarrasyad Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Muhammad Iwan Abdi, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Rahmatillah, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini masih terdapat peserta didik kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Sabilarrasyad Samarinda yang belum maksimal dalam memahami mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan hasil belajarnya dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum. Oleh karena itu peneliti menerapkan strategi pembelajaran Mind Mapping. Strategi pembelajaran Mind Mapping memiliki keunikan tersendiri, metode tersebut menggunakan kemampuan otak kiri dan otak kanan pada saat menerima pembelajaran. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui seberapa efektif strategi pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Adapun jelnis penelitian elkspelrimeln yang digunakan dalam pelnellitian ini yaitul Pre–Experimental (Pra-eksperimen). Dlsain penelitiannya yaitu bentuk One-Group Pretest-Postest. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria hasil belajar mata pelajaran SKI tergolong rendah kelas VII A (32 peserta didik). Jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian, data dianalisis dengan uji normalitas, uji t dan uji n-gain
Dalam penelitian ini, berdasarkan perhitungan uji N-Gain, besarnya keefektifitan pembelajaran strategi Mind Mapping adalah sebesar 70.7% dengan kategori “cukup efektif”, Dibandingkan tanpa Mind Mapping atau pembelajaran konvensional. Kemudian analisis data dengan menggunakan Uji-t diperoleh nilai (Sig. (2-tailed)) = 0,001 < 0,05 atau 𝑡h𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 39.301 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙= 2.0395 pada taraf signiikansi 5%, maka 𝐻0 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan strategi pembelajran Mind Mapping memiliki keefektifitan dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran SKI di MTs Sabilarrassyad Samarinda.