dc.description.abstract | ABSTRAK
M. Ikram Shiddiq, 2024. “Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Darussalam International Boarding School Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Dr. Rusdi, S.Ag, M.SI selaku dosen pembimbing I dan ibu Nurhikmah, M. Si selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan fenomena perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia yang mengalami perubahan dari Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Tentunya, dengan adanya perubahan tersebut, Kurikulum Merdeka masih memerlukan sosialisasi terhadap lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia dan khususnya terhadap para guru atau tenaga pendidik terkait penerapannya dalam pembelajaran. Salah satu kunci keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka adalah guru. Guru merupakan ujung tombak kunci kesuksesan implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah. MTs Darussalam International Boarding School Samarinda merupakan salah satu lembaga yang menerapkan Kurikulum Merdeka sejak tahun 2023. MTs Darussalam IBS Samarinda menerapkan Kurikulum Merdeka secara bertahap dari seluruh kelas VII, sedangkan pada tingkatan yang selanjutnya, yakni dikelas VIII dan IX akan diterapkan pada tahun ajaran mendatang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur dan mengkaji kinerja guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Darussalam IBS Samarinda.
Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian statistik deskriptif. Subjek penelitian ini adalah keseluruhan guru yang mengajar di kelas VII dengan jumlah 13 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas berjumlah 24 soal. Pada penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah rumus Mean.
Pada penelitian ini, hasil rata-rata angket kinerja guru di MTs Darussalam IBS Samarinda adalah sebesar 3,25. Hasil rata-rata tersebut masuk dalam kategori baik. Hal tersebut didukung oleh guru di MTs Darussalam International Boarding School Samarinda yang memiliki pemahaman mendalam terkait Kurikulum Merdeka. Selain itu penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran yang membuat pembelajaran menjadi interaktif dan kolaboratif, serta kerja sama dengan orang tua/wali murid terkait pengembangan peserta didik yang sesuai dengan karakteristik Kurikulum Merdeka. Dengan adanya penelitian ini, guru diharapkan meningkatkan kinerjanya dan melakukan pengembangan diri terkait Kurikulum Merdeka. | en_US |