Pengaruh Penggunaan Computer Based Test (CBT) terhadap Motivasi Belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP YPM Diponegoro Tenggarong Seberang.
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Rizky, 2024, “Pengaruh Penggunaan Computer Based Test (CBT) terhadap Motivasi Belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP YPM Diponegoro Tenggarong Seberang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda.” Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Darwis, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I. selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah Dalam menghadapi era society 5.0 seperti saat ini proses evaluasi pembelajaran menjadi beraneka ragam. Dengan berkembangnya ilmu teknologi serta kemudahan dalam menggunakan teknologi memungkinkan penggunaan teknologi sebagai alat untuk melakukan evaluasi pembelajaran yang dimana menjadikannya sebuah kesempatan bagi peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan Computer Based Test (CBT) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP YPM Diponegoro Tenggarong Seberang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Menggunakan model pre eksperimental design dengan desain The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMP YPM Diponegoro Tenggarong Seberang yang berjumlah 580 siswa dan sampel berjumlah 32 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas Pearson Product Moment dan reliabilitas Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji non parametrik metode Wilcoxon, dan Uji Wilcoxon Signed Ranks.
Hasil penilitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan Computer Based Test (CBT) terhadap Motivasi Belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP YPM Diponegoro Tenggarong Seberang dibuktikan oleh hasil uji hipotesis non parametrik metode Wilcoxon dengan nilai Asymp. Sig. Sebesar 0,012 < signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan Ha atau hipotesis alternatif diterima dan H0 ditolak. Kemudian, selisih rata-rata dari posttest-pretest sebesar 3,41 (77-73,59) masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan uji Wilcoxon Signed Ranks didapatkan bahwa terjadi pengaruh ke arah positif dengan peningkatan rata-rata sebesar 4,50 dan peningkatan hasil sebesar 36,00. Berdasarkan keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan Computer Based Test (CBT) terhadap Motivasi Belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP YPM Diponegoro Tenggarong Seberang.