Upaya Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif Pada Anak Kelompok B Di TK Bina Anaprasa Sukmawira Tenggarong Sebrang
Abstract
ABSTRAK
Talita Syalsa Dila Noor, 2024. “Upaya Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif Pada Anak Kelompok B Di TK Bina Anaprasa Sukmawira Tenggarong Sebrang”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag dan Nurwati, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah cara guru dalam mengembangkan bahasa ekspresif pada anak. Bermacam-macam kegiatan yang di lakukan guru dalam mengembangkan bahasa ekspresif pada anak dan bermacam-macam media yang guru buat dalam mengembangkan bahasa ekspresif pada anak. Semakin sering anak di ajak interaksi oleh guru semakin meningkat juga perkembangan bahasa ekspresif pada anak di TK Bina Anaprasa Sukmawira Tenggarong Sebrang. Tujuan nya adalah semakin sering nya anak menyatakan keinginan,kebutuhan,pikiran dan perasaan kepada orang lain secara lisan maka anak mulai memiliki kepercayaan diri untuk mengungkapkan pikiran dan perasaanyaa. Dan tujuan nya selanjutnya agar anak dapat mengolah kata secara komprhensif,agar anak dapat mengekspresikan kata-kata dalam bahasa tubuh yang dapat di pahami orang lain, dan agar anak mengerti setiap kata yang di dengar dan di ucapkan, mengartikan dan menyampaikan secara utuh kepada orang lain serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan bahasa ekspresif pada anak.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Kualitatif deskritif. Adapun lokasi penelitian ini di TK Bina Anaprasa Sukmawira Tenggarong Sebrang. Fokus penelitian ini untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan bahasa ekspresif pada anak kelompok B, teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data ini terdiri dari 2 sumber data primer adalah wawancara, dan sumber data sekunder adalah kepala sekolah, guru, dokumentasi serta dokumen-dokumen pendukung lainnya. Keabsahan data penelitian ini menggunakan tringulasi teknik dan tringulasi wakti, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah kerja yang di terapkan Milles dan Huberman yaitu reduksi kondensasi data penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian Upaya Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif Pada Anak Kelompok B di TK Bina Anaprasa Sukmawira Tenggarong Sebrang dilakukan dengan berbagai, sebagai berikut yang pertama perencanaan yaitu mempersiapkan RPPH, menetapkan media, melakukan uji coba kegiatan, yangkedua pelaksanaan yaitu kegiatan yang memicu perkembangan bahasa ekspresif, yang ketiga evaluasi yaitu guru mengevaluasi dengan mendokumentasikan anak saat kegiatan berlangsung dan melakukan penilian pada anak.