Efektivitas Kegiatan Melukis dengan Benang terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Kelompok B di RA Darul Falah 1 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nur Amalia Madila, 2024. “Efektivitas Kegiatan Melukis dengan Benang terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Kelompok B di RA Darul Falah 1 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Marniati Kadir, M. Pd dan Amalia Nur Aini, M. Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas anak dalam kegiatan melukis dikarenakan penggunaan media yang kurang bervariasi dari guru di RA Darul Falah 1 Samarinda. Dalam penerapannya, anak melukis hanya dengan kuas atau sekadar mewarnai gambar. Hal ini seringkali membuat anak merasa bosan dan kreativitas anak jadi terhambat. Terlihat pada saat anak mengerjakan tugas dari guru, anak kurang mampu bereksplorasi dengan media yang disediakan. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut, peneliti merasa perlu adanya inovasi yang baru dalam memberikan media yang unik, kreatif, dan inovatif untuk melakukan kegiatan melukis sehingga anak tidak merasa bosan. Melukis dengan media benang merupakan salah satu metode melukis yang dapat mengembangkan kreativitas pada anak usia dini. Benang merupakan salah satu media melukis yang unik, sederhana, dan juga mudah didapatkan. Berdasarkan hasil observasi, anak terlihat antusias saat akan melukis dengan benang. Hal ini menunjukkan antusias anak dalam kegiatan melukis dengan media yang baru cukup tinggi. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kegiatan melukis dengan media benang terhadap perkembangan kreativitas anak kelompok B di RA Darul Falah 1 Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one group pre-test post-test design. Teknik sampling menggunakan sampling jenuh. Dari total 21 anak sebagai populasi, ditetapkan 11 anak sebagai kelas uji validitas dan 10 anak menjadi kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini digunakan uji validitas dan uji reliabilitas untuk menguji keabsahan data. Uji t untuk menguji hipotesis dan uji koefisien determinasi untuk melihat persentase pengaruh.
Berdasarkan hasil uji menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,017 < 0,05 dan nilai 𝑡hitung sebesar 2,992 > nilai 𝑡tabel sebesar 2,306 serta nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,528 yang artinya melukis dengan media benang berkontribusi sebesar 52,8% terhadap perkembangan kreativitas anak. Sedangkan 47,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengaln demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan melukis dengan media benang efektif terhadap perkembangan kreativitas anak kelompok B di RA l Darul Falah 1 Samarinda.