Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Media Tutup Botol Pada Anak Kelompok B di TK Labbaika Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Arbayah, 2024, “Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Media Tutup Botol Pada Anak Kelompok B di TK Labbaika Samarinda” Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Marniati Kadir, M.Pd dan ibu Sunanik, M.Pd.I.
Latar belakang penelitian ini diawali dengan rendahnya kemampun pemahaman konsep bilangan pada anak, pada aspek menuliskan lambang bilangan 1-20 sebesar 76,4%, mencocokkan lambang bilangan dengan jumlah bilangan sebesar 64,7% dan menggunakan alat main untuk membuat angka sebesar 64,7%. oleh karena itu untuk mengoptimalkan sebuah pembelajaran dan untuk meningkatkan kognitif anak harus menggunakan media yang menarik seperti tutup botol. Sesuai dengan penelitian terdahulu yang menyatakan media tutup botol merupakan media konkrit. Media tutup botol juga memiliki kelebihan karena media ini sangat praktis, mudah didapatkan, dan beragam warnanya sehingga menarik bagi anak-anak yang menggunakannya dan dapat membangkitkan semangat anak sehingga anak akan termotivasi untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui media tutup botol pada anak kelompok B di TK Labbaika Samarinda.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif peneliti dan guru kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek yang diteliti adalah anak kelompok B kelas Al-Hakim yang berjumlah 17 anak laki-laki. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengamatan aktivitas guru dalam meningkatan pemahaman konsep bilangan pada anak melalui media tutup botol pada siklus I pertemuan I mencapai nilai rata-rata 3,12% dangan kriteria baik, sedangkan pada pertemuan ke dua meningkat menjadi 3,31% dengan kriteria baik. Pada siklus II pertemuan I aktivitas guru berhasil mencapai nilai rata-rata 3,56% dengan kriteria sangat baik. Di pertemuan ke II kembali meningkat menjadi 3,68% dengan kreteria sangat baik. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep bilangan pada anak melalui media tutup botol dapat dilihat dari observasi yang telah dilakukan, pada kondisi pra siklus pemahaman konsep bilangan pada anak adalah 35,2%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I pertetemuan I meningkat menjadi 52,9%, dan pada pertemuan II kembali meningkat menjadi 76,4%. Pada tindakan siklus II pertemuan I pemahaman konsep bilangan pada anak telah mencapai 82,3% dan pada pertemuan II meningkat menjadi 100%. Dari pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II nilai presentase yang didapatkan sebesar 91,1% yakni telah mencapai kreteria berkembang sangat baik. Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini membuktikan bahwa melalui media tutup botol dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok B di TK Labbaika Samarinda.