dc.description.abstract | ABSTRAK
Nur Afifah, 2024. “Implementasi Sekolah Ramah Anak di TK Islam Silmi Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Lina Revilla Malik, M.Si dan ibu Sunanik, M.Pd.I.
Latar belakang penelitian ini adalah Konvensi Hak Anak mengamanatkan kepada seluruh bangsa di dunia untuk memenuhi hak anak dengan berupaya mewujudkan anak-anak yang sehat, cerdas, bahagia, berakhlak mulia, dan cinta tanah air. Hal ini merupakan tantangan berat bagi pemerintah Indonesia dalam melaksanakan hak-hak anak dan perlindungan anak. Salah satu program pemerintah untuk memajukan pendidikan di Indonesia dengan adanya program sekolah ramah anak. Inisiatif sekolah ramah anak bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang aman, higienis, asuh dan memperkaya budaya. Inisiatif ini dirancang untuk memastikan perlindungan anak-anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan buruk, sekaligus mempromosikan hak dan kesejahteraan mereka. Salah satu PAUD yang menerapkan sekolah ramah anak di Samarinda adalah TK ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi sekolah ramah anak di TK ini.
Jenis penelitian ini adalah penelitian fenomenologi. Menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman, dan prosesnya dimulai dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa implementasi sekolah ramah anak di TK ini sebagai berikut: 1) Menerapkan kebiajakan sekolah ramah anak, 2) Melaksanakan kurikulum berpusat pada anak, 3) Mengadakan pelatihan kepada guru dan warga sekolah mengenai hak anak, 4) Sarana dan prasarana yang ramah anak, 5) Selau melibatkan anak dalam setiap pembelajaran dan melibatkan orangtua serta masyarakat sekitar, TK Islam Silmi Samarinda juga memiliki ciri-ciri sebagai sekolah ramah anak yaitu, 1) Perlakuan adil guru kepada anak didiknya, tidak memandang status sosial orangtua, penerapan norma agama, sosial dan budaya, saling menghormati hak-hak anak, 2) Metode pembelajaran yang menyenangkan, pendidik menciptakan proses belajar yang efektif dan menyenangkan, pendidik menerapkan metode pembelajaran yang variatif dan inovativ, 3) Proses belajar mengajar didukung oleh media ajar atau alat peraga yang mendukung, 4) Anak didik dilibatkan untuk mengembangkan kopetensinya, 5) Dalam penataan kelas anak didik juga dilibatkan, 6) Tersedianya sanitasi yang cukup serta adanya peraturan dan kebijakan yang mendukung kebersihan dan kesehatan, dan 7) Sekolah ramah anak memiliki imbas baik terhadap sekolah atau madrasah di sekitar. | en_US |