Show simple item record

dc.contributor.authorHandayani, Afipah
dc.date.accessioned2024-07-22T02:59:20Z
dc.date.available2024-07-22T02:59:20Z
dc.date.issued2024-06-17
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4521
dc.description.abstractABSTRAK Afipah Handayani, 2024. “Efektivitas Permainan Puzzle Angka Dalam Mengembangkan Kemamuan Kognitif Anak Kelompok B di TK Miftahul Ulum Muara Jawa Kutai Kartanegara”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Marniati Kadir, M. Pd dan Nurwati, M. Pd. Pendidikan anak usia dini sangat penting dalam pengembangan sumber daya manusia, khususnya dalam pembentukan dasar kehidupan anak. Pendidikan ini membantu anak memperoleh pengalaman hidup yang positif bagi perkembangan mereka dan mempersiapkan mereka dengan keterampilan dasar untuk masa depan. Keberhasilan pendidikan sangat bergantung pada model dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Pendekatan yang interaktif dan menyenangkan terbukti mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan anak dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas permainan puzzle angka dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Miftahul Ulum Muara Jawa. Puzzle angka dipilih karena dipercaya dapat merangsang perkembangan kognitif anak melalui interaksi visual dan kinestetik. Kegiatan merangkai puzzle membutuhkan koordinasi mata dan tangan serta pemikiran logis, yang dapat memicu anak untuk menggunakan logika dan pemikiran kritis mereka dalam menyelesaikan masalah. Melalui kegiatan ini, anak-anak belajar mengenali pola, memahami hubungan antar objek, dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah serta pemikiran kritis mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimen Pretest-Posttest One Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok B di TK Miftahul Ulum Muara Jawa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh, yaitu seluruh populasi dijadikan sampel, yang berjumlah 15 siswa/siswi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) setelah perlakuan diberikan. Tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan kognitif anak sebelum dan sesudah bermain puzzle angka. Selain itu, observasi langsung dengan gurujuga dilakukan untuk memperoleh data tambahan mengenai perkembangan kognitif anak selama periode penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan kognitif anak setelah bermain puzzle angka. Data analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor posttest lebih tinggi dibandingkan dengan skor pretest. Data ini kemudian dianalisis menggunakan SPSS 2022. Hasil analisis statistic menggunakan korelasi pearson dan uji t diperoleh nilai sig 0,043 dan nilai pearson correlation sebesar 0,528 dimana jika sig < 0,05 dan uji t >0,0, dimana jika nilai sig <0,05 maka terdapat hubungan dan pengaruh antara puzzle dengan kemampuan kognitif anak dengan tingkat korelasi sedang.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPermainan Puzzle Angka, Kemamuan Kognitif Anaken_US
dc.titleEfektivitas Permainan Puzzle Angka Dalam Mengembangkan Kemamuan Kognitif Anak Kelompok B di TK Miftahul Ulum Muara Jawa Kutai Kartanegaraen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record