Pengaruh Pembiasaan Tadarus Al-Qur‟an Terhadap Karakter Religius Siswa di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nurul Hikmah Masing, 2024. “Pengaruh Pembiasaan Tadarus Al-Qur‟an Terhadap Karakter Religius Siswa di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Pak Drs. Khairul Saleh, M.Ag dan Ibu Kiki Maharani, M.Pd.
Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa adanya kegiatan tadarus Al-Qur’an yang dilaksanakan secara rutin sehingga menjadi suatu pembiasaan di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda. Adanya pembiasaan tadarus ini merupakan salah satu bentuk penanaman karakter religius kepada siswa di buktikan dengan siswa yang spontan masuk kedalam kelas pada saat bel masuk berbunyi dan langsung mengambil Al-Qur’an untuk melaksanakan tadarus tanpa disuruh atau diawasi oleh guru. Dengan kegiatan pembiasaan tadarus ini pula siswa yang tadinya tidak pernah membaca Al-Qur’an jadi membaca Al-Qur’an minimal sekali sehari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembiasaan tadarus Al-Qur’an terhadap karakter religious siswa di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan populasi 138 siswa dan sampel sebanyak 60 siswa menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan penelitian ini adalah uji korelasi Product Moment, uji determinasi, dan uji parsial sebagai pengujian terhadap hipotesis.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terdapat pengaruh pembiasaan tadaus al-qur’an terhadap karakter religius siswa sebesar 47,88 % sementara 52,12 % lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Hasil korelasi prduct moment menunjukkan adanya korelasi antara pembiasaan tadarus al-qur’an terhadap karakter religius siswa di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda yaitu 0,610 bila dikonsultasikan dengan table interpretasi r berada diantara 0,40 – 0,70 yang artinya berkorelasi secara “cukup” dan bentuk hubungan yang dihasilkan adalah positif. Dari hasil uji T, diketahui nilai thitung adalah 7,18033lebih besar dari nilai ttabel yaitu 2,002. Dengan hasil ini maka hipotesis Ha memperoleh hasil terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pembiasaaan tadarus al-qur’an terhadap karakter religius siswa di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda dapat diterima.