Show simple item record

dc.contributor.authorAnjani, Aprilia
dc.date.accessioned2024-07-25T03:59:51Z
dc.date.available2024-07-25T03:59:51Z
dc.date.issued2024-06-19
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4538
dc.description.abstractABSTRAK Aprilia Anjani, 2024, “Pelaksanaan Pembelajaran Outing Class dalam menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak kelompok B di TK Islam Nur Rohmat Desa Loa Kulu Kota” Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, jurusan Pendidikan Madrasah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Dr. Lina Revilla Malik, M.Si dan Ibu Amalia Nur Aini, M.Pd. Latar belakang penelitian ini diawali dengan masih kurangnya sikap perduli lingkungan pada diri anak, seperti yang terlihat dalam menjaga lingkungan dan mengelola lingkungan sekitar masih belum terbagun dengan baik. Pada sikap Menjaga lingkungan dari 12 anak, 3 anak masih sering membuang sampah sembarangan, 2 diantaranya masih harus dibantu mengingatkan dan 7 anak sudah dapat membuang sampah pada tempatnya. Adapun dalam hal mengelola lingkungan, dari 12 anak, 2 anak masih acuh terhadap lingkungan, 4 anak masih harus dibantu mengingatkan dan 6 anak sudah dapat mengelola lingkungan sekitar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran outing class dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan pada anak kelompok B di TK Islam Nur Rohmat Desa Loa Kulu Kota. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek yang diteliti adalah anak kelas B1 yang berjumlah 12 anak. Tehnik pengumpul data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pelaksanaan pembelajaran outing class di TK Islam Nur Rohmat desa Loa Kulu Kota sebgai berikut : perencanaan pembelajaran outing class dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan pada anak kelompok B adalah guru membuat RPPH dan RPPM tentang pembelajaran outing class sebelum memulai pembelajaran. Dimana konsep pelaksanaaan pembelajaran outing class ini memanfaatkan lingkungan sekolah, halaman sekolah serta beberapa tempat di sekitar sekolah yang menunjang proses pembelajaan outing class berlangsung. Pelaksanaan pembelajaran outing class dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan pada anak kelompok B adalah guru membantu anak memahami dan menyesuaikan diri dengan lingkunganya, sehinga terbentuklah sikap peduli lingkungan, dimana pada pembelajaran outing clas ini anak diajarkan nama-nama benda, manfaat benda yang berkaitan dengan pohon dan manfaatnya serta dampak dari kerusakan yang ditimbulkan jika tidak digunakan sesuai fungsinya. Evaluasi pembelajaran outing class dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan pada anak kelompok B adalah guru melakukan evaluasi pembelajaran dengan cara non tes. Ada empat teknik yang dilakukan dalam penilaian, yang pertama adalah observasi,unjuk kerja, hasil karya, dan penugasan. Sedang instrumen yaitu lembar checklist dan catatan anekdot.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectOuting Class, Sikap Peduli Lingkunganen_US
dc.titlePelaksanaan Pembelajaran Outing Class dalam menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak kelompok B di TK Islam Nur Rohmat Desa Loa Kulu Kotaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record