Pengaruh media Roda Angka Terhadap kemampuan Mengenal Angka pada anak kelompok B di TK Labaika Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Irma Nur Siamsih, 2024 “Pengaruh media Roda Angka Terhadap kemampuan Mengenal Angka pada anak kelompok B di TK Labaika Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Program studi Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Mujahidah, S. Ag, S. Psi, M, Si selaku pembimbing I dan Ibu Sunanik, M. Pd.I selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan anak dalam mengenal angka belum berkembang seperti Hasil yang media pembelajaran yang kurang efektif sehingga nilai anak kurang dalam proses belajar mengajar di TK Labbaika khususnya kelas Al – Hakim, hasil pembelajaran masih kurang maksaimal, di ditandai dengan penilaian Akhir Semester 2 pada tahun ajaran 2023/2024 terdapat 30,5% Anak yang mendapatkan nilai dibawah Kriteria ketuntasan Maksaimal (BSH) Media Roda Angka yaitu 14, terdapat 3 dari 17 Anak Al Hakim yang belum mencapai BSH. Sebelumnya yang diharapkan sehingga membutuhkan stimulasi mendalam salah satunya mencoba menggunakan media roda angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa media roda angka dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan anak dalam mengenal angka. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah media roda angka juga berpengaruh terhadap kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B di TK Labbaika Samarinda. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan anak usia dini dan menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh roda angka terhadap kemampuan mengenal angka di TK Labbaika Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen. Sumber data yang digunakan data primer dan sekunder. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, test dan dokumentasi. Tekhnik keabsahan data menggunakan statistic deskriftif analisis data yang digunakan adalah uji pre-test dan post-test prosesnya dimulai dari uji normalitas, homogenitas, dan uji T paired test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari media roda angka terhadap kemampuan mengenal angka. Berdasarkan uji hipotesis disimpulkan bahwasanya Hipotesis (Ha) diterima dan Ho ditolak, hal ini berdasarkan uji T paired test senilai 0,000< 0,05. Besar perbandingan antara pretest senilai 74,41 sedangkan post-test senilai 79,71.