dc.description.abstract | ABSTRAK
Muhamad Hairil Anwar, 2024. “Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Dalam Kitab An-Nashaih Ad-Diniyyah Wa Al-Washaya Al-Imaniyyah Karya Al-Imam AlHabib Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al-Haddad (1634-1720 M)”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Iskandar, M.Ag, selaku dosen pembimbing I dan Bapak Abdul Basith, M.Pd, selaku dosen pembimbing II.
Al-Imam Abdullah al-Haddad adalah seorang tokoh tasawwuf akhlak yang memiliki banyak karya tulis. Karya-karya tulis beliau sebagian besar membahas tentang tasawwuf yang mana di dalamnya tidak hanya membahas hubungan vertical kepada Allah saja, tetapi juga membahas hubungan horizontal kepada sesama manusia. Beliau seringkali memberikan nasehat dan petuah untuk memperhatikan hubungan sosial di masyarakat. Sehingga dapat kita pahami bahwa al-Imam Abdullah al-Haddad memiliki perhatian yang cukup serius pada pendidikan social apabila dilihat dari tiap-tiap petuah maupun nasehatnya yang banyak mengandung nilai-nilai pendidikan sosial. Salah satu karya beliau yang banyak mengandung nilai-nilai pendidikan sosial adalah kitab an-Nashaih ad-Diniyyah wa al-Washaya al-Imaniyyah. Dari latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk meneliti nilai-nilai pendidikan sosial yang terkandung dalam kitab an-Nashaih ad-Diniyyah wa alWashaya al-Imaniyyah karya al-Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad alHaddad. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan social yang ada di dalam kitab an-Nashaih ad-Diniyyah wa al-Washaya al-Imaniyyah karya al-Imam Abdullah bin Alwi bin Muhammad al-Haddad.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research yaitu penelitian yang menggunakan fasilitas perpustakaan seperti buku, majalah, koran dan lain-lain untuk diambil datanya dan diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi yaitu sebuah teknik yang datanya diambil dari sesuatu yang terdokumentasikan seperti buku, film dan lain-lain. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi atau content analysis sebuah teknik yang menguraikan isi dan pesan yang terkandung secara sistematis.
Hasil yang didapatkan setelah membaca dan menganalisis kitab an-Nashaihad-Diniyyah wa al-Washaya al-Imaniyyah karya al-Imam al-Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad al-Haddad ditemukan nilai-nilai pendidikan sosial yaitu nilai penanaman dasar-dasar mentalitas luhur di antaranya; takwa, kasih sayang, itsar, memaafkan dan pemberani. Nilai memelihara hak-hak orang lain di antaranya; hakhak orang tua, hak-hak saudara, hak-hak tetangga dan hak-hak teman. Nilai menjalankan etika sosial di antaranya; etika makan dan etika lisan. Dan terakhir menjalankan nilai pengawasan atau kontrol sosial. | en_US |