Show simple item record

dc.contributor.authorRahmi, Rahmi
dc.date.accessioned2024-07-31T00:52:34Z
dc.date.available2024-07-31T00:52:34Z
dc.date.issued2024-05-28
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4554
dc.description.abstractABSTRAK Rahmi, 2024 “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat Dalam Keadaan Tertentu Di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M.Si sebagai Dosen Pembimbing I dan Muhamad Agil, S.Si.,M.Sc sebagai Dosen Pembimbing II. Penelitian ini dilakukan karena kekhawatiran terhadap metode pembelajaran fiqih yang cenderung monoton, dimana penggunaan metode konvensional yang berulang dapat menyebabkan ketidakantusiasan dan kebosanan pada siswa, yang pada akhirnya berpotensi menurunkan prestasi belajar mereka. Pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif siswa dan kerjasama antar sesama dalam pemahaman materi pelajaran, dengan tujuan mencapai prestasi belajar yang optimal. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai seberapa efektif penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih materi shalat dalam keadaan tertentu di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda. Penelitian ini adalah sebuah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode Quasi Experimental Design. Metode ini menggunakan Nonquivalent Control Design, di mana subjek penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas VII di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda, yang berjumlah 52 orang, dengan 26 siswa diambil dari kelas VII A dan 26 siswa dari kelas VII B. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam pembelajaran fiqih dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik dengan metode uji Mann Whitney U. Berdasarkan analisis hipotesis menggunakan uji Mann Whitney U, ditemukan bahwa nilai Asymp. Sign. adalah 0.001, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, sementara hipotesis nol (H0) ditolak. Jadi dapat diuraikan bahwa terdapat keefektivitas dalam mewujudkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw yang ditunjukkan pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi shalat dalam keadaan tertentu di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda.. Besaran efektivitas yang dihasilkan dapat dilihat pada uji Mann Whitney U Signed Ranks didapatkan bahwa mengalami perbedaan positif tanpa adanya kesamaan dengan peningkatan rata-rata sebesar 33.23 dan peningkatan hasil sebsar 864.00. Skor uji N-Gain yang didapatkan sebesar 82.0513 atau 82.05%, yang berarti terdapat efektivitas yang tinggi untuk penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi shalat dalam keadaan tertentu.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran, Cooperative Learning Tipe Jigsawen_US
dc.titleEfektivitas Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat Dalam Keadaan Tertentu Di MTs Al Mujahidin 2 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record