Pengaruh Penggunaan Aplikasi Cinta Quran Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII di MTs AlMujahidin 1 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Aisya Nur Fahira, 2024 “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Cinta Quran Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII di MTs AlMujahidin 1 Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Siti Julaiha, S. Ag, M. Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Ahmad Maulana Syafi’i, M. Si selaku Pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang menggunakan Aplikasi Cinta Quran dalam pembelajaran menghafal ayat-ayat Al-Qur’an dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an hadits yang bertujuan agar peserta didik dapat menghafal Al-Qur’an dengan mudah sesuai kaidah dalam membaca dan melafadzkan Al-Qur’an, Aplikasi ini digunakan karena terdapat masalah peserta didik yang belum mencapai hafalan dan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, seperti masalah-masalah yang sering muncul selama proses pembelajaran di kelas yaitu, peserta didik kurang mampu menghafal Al-Qur’an dengan tartil, peserta didik kurang mampu dalam melafadzkan makhorijul huruf dengan baik dan benar, dan peserta didik kurang mampu dalam membaca dan menghafal sesuai kaidah hukum tajwid. Di dalam Aplikasi Cinta Quran sudah dilengkapi dengan murottal yang dapat diulang berkalikali disertai dengan hukum tajwid, dan juga dilengkapi dengan kuis dan game yang membantu siswa dalam mengingat hafalannya, kuis dan game inilah yang membuat aplikasi ini menarik dan berbeda dari aplikasi lainnya. Maka, Aplikasi Cinta Quran digunakan oleh guru karena dapat memecahkan masalah yang sudah dijelaskan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh Aplikasi Cinta Quran terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di MTs Al-Mujahidin 1 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan populasi yang berjumlah 95 peserta didik dan sampel berjumlah 33 peserta didik dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket dan Dokumentasi. Teknik Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Peneliti menggunakan Teknik analisis dan uji Prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji liniearitas, uji product moment, uji t (hipotesis) dan uji koefisien determinan.
Berdasarkan hasil uji analisis data yang sudah peneliti lakukan maka didapatkan hasil yaitu, terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan aplikasi Cinta Quran terhadap kemampuan menghafal dan menurut perhitungan uji hipotesis disimpulkan bahwa (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t sebesar -3,999 > 2,402, besarnya pengaruh penggunaan aplikasi Cinta Quran terhadap kemampuan menghafal terlihat dari hasil R square pada koefisien determinan sebesar 0,340 atau 34%, sedangkan sisanya dikarenakan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.