Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Plus Melati Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Annisa Barqiah, 2024, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Plus Melati Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UINSI. Penelitian di sini dilakukan bimbingan oleh Bapak Gianto, M. Pd.I, sebagai pembimbing satu serta Ibu Rabiatul Adawiyah, M. Pd sebagai pembimbing dua.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Plus Melati Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh dalam penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Plus Melati Samarinda.
Jenis penelitian sebagaimana gunakan di sini yakni Eksperiment Pretest – Posstest Control Group Design. Desain ini menerapkan dua kali pengukuran kepada pemahaman siswa terkait materi yang hendak menjadi sampel. Pengukuran pertama dilaksanakan dalam rangka menelaah pemahaman siswa sebelum diberi tindakan yakni tingkat pemahaman siswa sebelum diimplementasikan model pembelajaran PBL dan yang tes kedua yakni post test di mana pemberian tes dilakuan terhadap siswa dalam rangka menelaah pemahaman siswa sesudah diimplementasikannya pembelajaran PBL, subjek penelitiannya yakni siswa pada kelas IV A dan IV B SD Plus Melati Samarinda sebanyak 45 orang siswa.
Hasil penelitian membuktikan di mana pengaruh model PBL kepada hasil belajar PAI siswa pada kelas IV SD tampak melalui nilai pretest sebelum mengimplementasikan model pembelajaran PBL oleh nilai mean yang diperoleh pada siswa kelas eksperimen 70,43 dan nilai mean pretest di sampel kontrol ratarata yakni 66,36. Dipadankan dengan nilai siswa setelah diimplementasikan model pembelajaran PBL nilai rata-rata post test siswa pada sampel eksperimen yakni 83,04 dan nilai rata-rata post test sampel kontrol yaitu 73,64. Hal ini dibuktikan bahwa kemampuan siswa meningkat setelah diimplementasikannya model pembelajaran PBL pada sampel eksperimen dibandingkan sampel kontrol. Dibuktikan dengan analisis statistic inferensial hipotesis uji t bahwa thitung lebih besar dari ttabel adalah 3,189 > 2,018. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam mengimplementasikan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Plus Melati Samarinda.