Pengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Perubahan Pola Perilaku Religius Remaja di MTS At-Taqwa Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Dwi Aisyah Indriani, 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Perubahan Pola Perilaku Religius Remaja di MTS At-Taqwa Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Rusdi, M.Si dan Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I.
Media sosial berkembang dari waktu ke waktu dan sangat populer baik dari dalam maupun luar negeri. Salah satu media sosial yang sedang populer saat ini adalah TikTok. Aplikasi ini mulai melejit ketika masa Covid-19. Aplikasi TikTok ini bisa bermanfaat untuk penggunanya dalam melatih kemampuan peserta didik dalam segi menambah wawasan ilmu pengetahuan dan menambah kreatifitas. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap perubahan pola perilaku religius remaja di MTs At-Taqwa Samarinda
Penelitian ini mengguanakan metode pengumpulan data kuesioner atau angket dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang valid dan mendalam mengenai permasalahan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 185 peserta didik, sedangkan sampel penelitian ini mengambil dari seluruh kelas IX sehingga terdapat 43 siswa. Strategi sampel yang penulis pilih adalah purposive sampling. Sehingga penulis melakukan kriteria terlebih dahulu untuk menentukan sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial tiktok di MTs At-Taqwa Samarinda cukup besar, dimana para penggunanya adalah kalangan remaja. Penggunaan media sosial tiktok sebagai media untuk mencari informasi pengetahuan dan untuk mendapatkan hiburan. Penggunaan media sosial tiktok terhadap penggunannya terhadap perilaku religius diliat dari beberapa perilaku yakni: perilaku kepada Allah, orang tua, diri sendiri, serta perilaku terhadap lingkungan masyarakat dimana ada efek yang positif dan tidak signifikan yang tidak bisa mengubah perilaku remaja. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media sosial tiktok berpengaruh terhadap perubahan pola perilaku religius remaja di MTs At-Taqwa Samarinda, yaitu berdasarkan hasil pada uji t dilihat dari 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 2,768 > 1,682 yang artinya variabel X (penggunaan media sosial tiktok) berpengaruh terhadap variabel Y (perubahan pola perilaku religius remaja).