dc.description.abstract | ABSTRAK
Norsaida Tinanisa Jannah, 2024. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukkan Karakter Religius Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa MTs Darul Ihsan Samarinda”, Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Darwis, M.SI selaku dosen pembimbing I dan bapak Muhammad Saparuddin, M. Pd, S. Pd. Selaku dosen pembimbing II.
Peneliti ini membahas berkaitan dengan Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukkan Karakter Religius Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Siswa MTs Darul Ihsan Samarinda yang mana merupakan isu penting dari sudut pandang perkembangan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukkan Karakter Religius Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Siswa MTs Darul Ihsan Samarinda, Upaya guru Pendidikan Agama Islam serta faktor pendukung dan faktor pendukung.
Metode pada penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data, dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Adapun hasil penelitian Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukkan Karakter Religius Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Siswa MTs Darul Ihsan Samarinda mengenai peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa guru juga mangajarkan hal-hal positif seperti memberikan pembiasaan kepada siswa seperti membaca doa, membaca akidatul awam, wirid, dan membaca Al-Quran 1 orang 1 juz dan melaksanakan sholat Dzuhur dan Ashar berjama’ah setiap hari adapun kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari Jum’at pagi sebelum masuk kelas yaitu sholat dhuha berjama’ah, Muhadhoroh, majelis ta’lim. Dalam pembentukan karakter religius siswa ada faktor pendukung dan penghambat agar memiliki moral dan etika yang baik adapun factor pendukung dan penghambatnya yaitu berasal dari orang tua siswa karena peran orang tua disini sangatlah penting dalam kehidupan tumbuh kembang anak karena dari orang tua juga yang utama menanamkan nilai agama dan moral dalam kehidupan, selain faktor dari orang tua tentu saja dari guru karena tugas guru tidak hanya mengajar saja melainkan guru juga berperan penting dalam pembentukan karakter religius siswa yaitu mendidik siswa agar memiliki moral dan sikap yang baik. | en_US |