Show simple item record

dc.contributor.authorAisyah, Nur
dc.date.accessioned2024-08-05T02:57:32Z
dc.date.available2024-08-05T02:57:32Z
dc.date.issued2024-06-12
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4568
dc.description.abstractABSTRAK Nur Aisyah 2024, “Pengaruh Pelatihan Efikasi Diri terhadap Kematangan Karier Siswa SMK Negeri 14 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, penelitian ini dibimbingan oleh Bapak Riswan, S.Pd,M.Si dan Ibu Siti Qomariah, M.Kom. Latar belakang penelitian ini disebabkan oleh fenomena banyaknya pengangguran dari kalangan lulusan SMK. Ini dibuktikan dari hasil wawancara awal yang dilakukan oleh peneliti kepada siswa kelas XII SMK Negeri 14 Samarinda jurusan Tata Busana yang menunjukkan bahwa siswa masih banyak yang belum memiliki tujuan karier setelah lulus. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, oleh sebab itu peneliti melaksanakan pelatihan efikasi diri guna meningkatkan kematangan karier siswa dan tujuan dari pelatihan efikasi diri guna mengetahui bagaimana pengaruh pelatihan efikasi diri terhadap kematangan karier siswa kelas XI SMK Negeri 14 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 14 Samarinda dengan jumlah 274 siswa. Desain penelitian yang digunakan equivalent control design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan skala kematangan karier. Teknik analisis data yang digunakan uji hipotesis independent sampel t test dan dependent sampel t test. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan realibilitas dengan bantuan program computer IBM SPSS Version 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pretest dan posttest setelah melaksanakan pelatihan efikasi diri pada kelompok eksperimen mengalami sedikit perbedaan, diperoleh skor awal pretest 1018 menjadi posttest 1021. Sementara itu, pada hasil pretest dan posttest kelompok kontrol diketahui memiliki peningkatan, nilai pretest dan posttest skala kematangan karier yang awalnya skor 1123 menjadi 1134. Hasil Gambaran deskriptif nilai mean posttest kelompok eksperimen 68.07 dan mean postest kelompok kontrol 75.60 yang masuk pada kategori rendah. Jadi dalam penelitian ini kegiatan pelatihan efikasi diri yang diberikan kepada siswa kelas XI jurusan TKJ Angkatan tahun 2022 tidak berpengaruh siginifikan terhadap kematangan karier pada siswa SMK Negeri 14 Samarinda. Berdasarkan proses pelaksanaan pelatihan efikasi diri belum, ditemukan cukup bukti yang menguatkan adanya pengaruh pelatihan efikasi diri terhadap kematangan karier, adapun kemungkinan pelatihan efikasi diri tidak berpengaruh signifikan terhadap kematangan karier, seperti yang kurang maksimal seperti keadaan cuaca yang sangat panas, dan beradasarkan hasil wawancara setelah pelaksanaan pelatihan siswa mengatakan bahwa ice breaking yang diberikan kurang menarik sehingga tidak membangun semangat siswa dan masih ada siswa yang merasa kebingungan untuk membuat pilihan karier.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPelatihan Efikasi Diri, Kematangan Karier Siswaen_US
dc.titlePengaruh Pelatihan Efikasi Diri terhadap Kematangan Karier Siswa SMK Negeri 14 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record