Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di SMP Negeri 4 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Andre Adi Pratama, 2024, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di SMP Negeri 4 Samarinda”. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Drs. Darwis, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Ibu Imroh Atul Musfirah,M.Pd.I selaku Dosen Pembimbing Skripsi II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya akhlak siswa dilingkungan sekitar mereka terlebih kepada orang tua dan guru Pendidikan moral saat ini memiliki peran penting di suatu negara, sehingga layaknya pendidikan sekarang ini lebih diarahkan untuk membentuk karakter bangsa. Masalah yang timbul di bidang pendidikan, khususnya pendidikan moral merupakan tanggung jawab seorang pendidik (guru). Guru (pendidik) sebagai pelaksana kurikulum harus mampu menerapkan kurikulum dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang diamati dalam penelitian ini adalah apa yang harus dilakukan guru supaya pendidikan akhlak tidak hanya dipahami oleh siswa tetapi mampu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana peran guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Samarinda dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan akhlak siswa di SMP Negeri 4 Samarinda. Oleh karena itu, alasan peneliti mengambil penelitian ini ingin mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan akhlak siswa di SMP Negeri 4 Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi, sumber data penelitian data primer dan data sekunder, teknik analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan adapun uji keabsahan data dengan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran guru PAI dalam meningkatkan akhlak siswa yaitu dengan memberikan pembiasaan kepada siswa dengan setiap pagi sebelum memulai proses pembelajaran seluruh siswa diwajibkan untuk mengikuti membaca al-qur’an dan kemudian dilanjutkan dengan membaca doa belajar yang dipimpin oleh guru pendidikan agama islam melalui alat suara yang telah dipasang dimasing-masing kelas dan sholat dzuhur berjama’ah yang dilaksanakan setiap hari. Kemudian adapun beberapa faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam meningkatkan akhlak siswa yaitu berasal dari faktor eksternal dan internal.