Permainan Ular Tangga Dalam Menstimulasi Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Di RA.Ma’arif NU 003 Palaran.
Abstract
ABSTRAK
Sri Novia Ramadhani, 2024. Permainan Ular Tangga Dalam Menstimulasi Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Di RA.Ma’arif NU 003 Palaran. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Dosen pembimbing I Dr. Lina Revilla Malik, M.Si dan Dosen Pembimbing II Nurwati, M.Pd.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah bermain dalam permainan merupakan kegiatan santai yang menyenangkan bagi anak. Mengingat bahwasannya perkembangan akan didukung jika dilakukan secara menyenangkan dan baik terutama pada pendidikan anak usia dini. Masa usia 5-6 tahun ini juga seorang anak akan mengalami tumbuh kembang yang luar biasa dari aspek perkembangannya. Permainan ular tangga adalah salah satu permainan yang dapat dimainkan oleh anak usia dini. Terkait pada kegiatan bermain tersebut peneliti bertujuan untuk mengetahui permainan ular tangga dalam menstimulasi perkembangan anak usia 5-6 tahun di RA. Ma’arif NU 003 Palaran.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber primer dan sekunder dan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan dalam memperoleh data. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber,triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisi data pada penelitian ini menggunakan langkah kerja Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondenasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian permainan ular tangga dalam menstimulasi perkembangan anak dilakukan dengan adanya persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.1) Persiapannya yaitu alat permainan yang digunakan serta aturan dan langkah bermain. 2) Pelaksanaannya meliputi tiga tahapan yaitu kegiatan awal membuat lingkaran dapat menstimulasi anak untuk berinteraksi dan bekerja sama, memperkenalkan alat permainan yang digunakan dan menjelaskan aturan dan langkah bermain. Kegiatan inti dilakukan dengan mengatur urutan bermain, anak boleh memilih bidak, anak melempar dadu serta menjalankan bidaknya. Anak akan melewati tantangan-tantangan yang berbeda-beda yang dapat menstimulasi perkebangannya pada aspek bahasa, seperti menirukan suara hewan, mengucapkan kalimat, dan kata. Aspek kognitifnya anak mengenal warna, menebak hewan, kendaraan dan buah, mengenal angka dan berhitung dengan lambang bilangan. Aspek fisik motorik anak aktif mengerakan tubuhnya seperti melemparkan dadu keatas dengan kedua tangan, menjalankan bidaknya, tepuk tangan, perintah maju dan mudur, melompat, angkat tangan. Aspek moral seperti berperilaku jujur dan sportif dalam bermian ular tangga. Aspek emosional anak diberikan kebebasan dalam mengekspresikan emosi dan perasaannya selama bermain. Kegiatan akhir terjadi setelah satu persatu anak sudah dapat mencapai finisnya dan tersisa sedikit. 3) Evaluasi dan penilaian dari permainan ular tangga ditemukan bahwa pada B2 dan B1 anak dapat tertimulasi dengan baik saat jalannya permainan ular tangga dan menunjukkan hasil yang positif dalam menstimulasi perkembangan anak dalam berbagai aspek seperti, moral, fisik motorik, bahasa, kognitif dan sosial emosional.