Show simple item record

dc.contributor.authorUlfa, Aliyah Anniza
dc.date.accessioned2024-08-12T02:51:51Z
dc.date.available2024-08-12T02:51:51Z
dc.date.issued2024-06-19
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4593
dc.description.abstractABSTRAK Aliyah Anniza Ulfa, Tahun 2024. “Peran Pembina Pramuka dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyahh Labbaika Samarinda”, Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Darwis, M.SI sebagai dosen pembimbing pertama dan Ibu Maulida Ulfa Hidayah, M.Pd sebagai dosen pembimbing kedua. Peneliti membahas tentang Peran Pembina Pramuka dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda, kegiatan pramuka di gugus depan umar bin khattab tergolong aktif dan rutin,dilaksanakan dua kali dalam seminggu, berbagai macam kegiatan pramuka dilakukan dengan bertujuan membentuk karakter peserta didik, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pembina pramuka dalam membentuk karakter peserta didik serta kendala dan upaya pembina pramuka dalam membentuk karater peserta didik. Metode pada penelitian ini deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, pembina pramuka dan peserta didik berjumlah teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa peran pembina pramuka sangat penting dalam pembentukan karakter peserta didik dan berhubungan dengan nilainilai pendidikan islam. Adapun karakter yang dikembangkan di gugus depan Umar Bin Khattab memalui peran pembina pramuka yaitu karakter disiplin, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, peduli lingkungan dan tanggung jawab. Adapun kendala yang dihadapi pembina pramuka dalam membentuk karakter peserta didik yakni terdapat pada diri masing-masing peserta didik seperti bermalas-malasan hadir latihan dan tidak fokus untuk memperhatikan pembina pramuka pada saat menyampaikan materi. Oleh karena itu upaya yang dilakukan pembina pramuka dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Labbaika Samarinda yakni kerika memberi materi divariasikan agar peserta didik tidak bosan dan jenuh, seperti diskusi, simulasi dan praktik. Dengan demikian salah satu bentuk kepedulian kepala sekolah untuk mendukung kegiatan pramuka di MTs Labbaika Samarinda yaitu dengan memberikan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan pramuka di gugus depan Umar bin Khattab, melakukan monitoring dan mengevaluasi setiap kegiatan kepramukaan.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPembina Pramuka, Karakter Peserta Didiken_US
dc.titlePeran Pembina Pramuka dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyahh Labbaika Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record