Show simple item record

dc.contributor.authorFitri, Lailatul
dc.date.accessioned2024-08-13T01:28:17Z
dc.date.available2024-08-13T01:28:17Z
dc.date.issued2024-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4595
dc.description.abstractABSTRAK Lailatul Fitri, 2024. “Penanaman Nilai-nilai Islam di Sekolah Dasar Negeri Segumbang Batulicin” Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Fathul Janah, M.S.I selaku pembimbing I dan Ibu Anggie Nadia Dinihari M.Pd. selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya kemajuan globalisasi dan teknologi yang berdampak ke seluruh lapisan lembaga dan masyarakat. Khususnya dalam dunia pendidikan, kemajuan ini memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap perubahan dan pembentukan karakter Islam peserta didik seperti masuknya budaya luar yang tidak sesuai dengan norma masyarakat, anak mengikuti tren yang tidak sesuai umur sampai dengan mengikuti hal-hal negatif yang ia lihat melalui gawai. Dampaknya, nilai-nilai agama dalam diri peserta didik menurun dan perlahan menghilang di kehidupan sehari-harinya. Melalui permasalahan tersebut Sekolah Dasar Negeri Segumbang Batulicin dalam mengatasinya, menanamkan nilai-nilai islam tidak hanya melalui pembelajaran saja akan tetapi didukung dengan kegiatan keagamaan di luar pembelajaran agar tertanamnya sifat yang sesuai dengan tujuan islam dalam diri peserta didik. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti mengenai penanaman nilai-nilai Islam di Sekolah Dasar Negeri Segumbang Batulicin. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai proses penanaman nilai-nilai Islam serta faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasiannya. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah SD Negeri Segumbang, Guru PAI, Guru BTQ dan peserta didik. Untuk analisis data menggunakan model Miles and Huberman seperti kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data melalui triangulasi sumber data dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menanamkan nilai-nilai Islam di Sekolah Dasar Negeri Segumbang Batulicin sudah berjalan sesuai dengan kegiatan yang diprogramkan, dan terdapat 3 indikator pokok sebagai penunjangnya, yakni nilai aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. Dalam penanamannya dilakukan dengan dua cara yakni: a. melalui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dalam prosesnya dilakukan pendekatan, pemahaman serta pembiasaan; b. melalui kegiatan keagamaan, yakni dengan kegiatan sholat dhuha berjama’ah, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), Satu Desa Satu Mesjid (SDSM), Pesantren Ramadhan dan Nilai budaya 5s. Dalam prosesnya terdapat pula faktor pendukung dan penghambat yang berasal dari lingkungan internal maupun eksternal, yakni: a.Faktor pendukung pada proses pembelajaran Pendidikan Agama islam berupa peserta didik, guru dan media belajar. Faktor penghambat yakni, peserta didik, sarana prasarana dan lingkungan bermain; b. Faktor pendukung pada kegiatan keagamaan yakni, guru, peserta didik, lingkungan sekolah, orang tua dan program pemerintah, adapun faktor penghambatnya yakni, peserta didik, sarana dan prasarana, orang tua, media sosial dan teman sebaya.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPenanaman, Nilai-nilai Islamen_US
dc.titlePenanaman Nilai-nilai Islam di Sekolah Dasar Negeri Segumbang Batulicinen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record