dc.description.abstract | ABSTRAK
Siti Asyura, 2024. “Peranan Guru Rumpun PAI dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di Madrasah Tsanawiyah At- Taqwa Samarinda”, Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Fathul Jannah, M.SI selaku dosen pembimbing I dan Bapak Abdul Basith, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Peneliti membahas tentang Peranan Guru Rumpun PAI Dalam Pembentukan Karakter Religius siswa di Madrasah Tsanawiyah At- Taqwa Samarinda. Dari hasil pra survey melalui observasi yang peneliti laksanakan bahwa guru rumpun PAI telah melaksanakan peran dan tanggung jawab sesuai dengan standar pendidik pada masing-masing bidang dan siswa juga telah melaksanakan tugas-tugasnya sebagai siswa. Namum masih ada beberapa siswa yang menunjukan karakter yang kurang baik, seperti tidak mengikuti kegiatan shalat duha dan salat dzuhur berjamaah, tidak menyetorkan hapalan secara rutin, bermain-main saat ibadah. Dari permasalah tersebut yang menjadi penting ialah pembentukan karakter religius di Madrasah sangat diperlukan guna untuk membentuk generasi yang berkarakter religius.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru rumpun PAI yaitu guru Akidah Akhlak, guru AlQur’an Hadist, guru Fikih, dan guru Sejarah Kebudayaan Islam. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data, dilakukan dengan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian Peranan Guru Rumpun PAI Dalam Pembentukan Karakter Religius siswa di Madrasah Tsanawiyah At- Taqwa Samarinda yaitu peran guru rumpun PAI sebagai pengajar, pendidik, pemimpin, dan evaluator. (a) Sebagai pengajar guru rumpun PAI dituntut untuk dapat membentuk karakter religius siswa di dalam proses pembelajaran atau di dalam kelas. (b) Sebagai pendidik guru harus menjadi panutan bagi siswa serta lingkungan mereka. (c) Sebagai pemimpin guru rumpun PAI dituntut untuk mampu memainkan perannya dalam mengarahkan siswa untuk dapat membentuk karakter religiusnya, sehingga siswa dapat bertingkah laku sesuai dengan ajaran-ajaran islam. (d) Sebagai evaluator guru harus mampu mengetahui keberhasilan dan pencapaian tujuan, penguasaan siswa dalam pembelajaran. Peranan tersebut dilaksanakan untuk membentuk karakter religius pada siswa dalam aspek ilmu dan aspek islam yang meliputi kegiatan BTQ, Tahfidz Qur’an dan Shalat berjamaah. | en_US |