Show simple item record

dc.contributor.authorYesi, Yesi
dc.date.accessioned2024-08-14T01:14:28Z
dc.date.available2024-08-14T01:14:28Z
dc.date.issued2024-06-25
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4601
dc.description.abstractABSTRAK Yesi, 2024. Strategi Guru Mengatasi Anak Tantrum di TK Pembina Negeri 1 Muara Ancalong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Mujahidah S.Ag, S.Psi. M.Si. CH selaku pembimbing I dan Zakiyah Ulfah M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah munculnya permasalahan yang dihadapi guru ketika berhadapan dengan anak tantrum yang berdampak pada pelaksanaan pembelajaran berlangsung yang belum bisa terpecahkan, seperti. Guru kurang perhatian kepada anak yang mengalami tempar tantrum, sehingga bisa berdampak buruk bagi anak yang mengalami tempar tantrum karena anak membutuhkan perhatian yang lebih, sedangkan jumlah anak yang mengalami tempar tantrum di kelas jauh lebih sedikit dari pada anak yang tidak tempar tantrum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru mengatasi anak tantrum di TK Pembina Negeri 1 Muara Ancalong. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data mwnggunakan triangulasi data untuk menguji informasi yang diperoleh agar validitasnya baik. Teknik analisa data menggunakan model yang digunakan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Prosesnya dimulai dari kondensasi data, pengujian data verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa; strategi guru mengatasi anak tantrum di TK Pembina Negeri 1 Muara Ancalong, sabar dalam mengajar, sabar menjadi pendengar, dan teman yang baik, serta menjawab pertanyaan anak dan sabar ketika emosi memuncak, tutur kata yang baik, dipeluk, disayang dan dalam mengatasi anak tantrum perlu perhatian khusus dalam menyikapinya dan tetap tenang, tidak panik, jangan ikut terbawa emosi Ciri-ciri anak tantrum di TK Pembina Negeri 1 Muara Ancalong, diam ada suatu hal yang dipendam, memukul meja, marah berlebihan, suka melempar barang dan nangis berlebihan tanpa sebaben_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi Guru, Anak Tantrumen_US
dc.titleStrategi Guru Mengatasi Anak Tantrum di TK Pembina Negeri 1 Muara Ancalongen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record