Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Anak Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah At – Tarbiyah Loa Janan
Abstract
ABSTRAK
Dian Nur Ainisiyah, 2024 : “ Pengaruh Pola Asuh Orang Tua TerhadapHasil Belajar Anak Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah At – Tarbiyah Loa Janan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Siti Julaiha, M. Pd selaku pembimbing I dan Imroh Atul Musfiroh, M. Pd. I selaku pembimbing II.
Pola asuh orang tua merupakan implementasi dari sikap dan perilaku orang tua terhadap anak – anaknya, yang akan terlihat bagaimana hubungan antar keduanya, karena sikap maupun perilaku orang tua akan membentuk perkembangan tumbuh anak. Menag mengatakan, madrasah di Indonesia merupakan lembaga pendidikan formal, yang kurikulumnya mengacu pada pendidikan nasional, tetapi memiliki muatan agama yang lebih banyak dibandingkan sekolah. Idealnya siswa yang memperoleh hasil belajar dari mata pelajaran akidah akhlak, dapat menerapkan apa yang selama ini dipelajari dapat diterapkan kedalam kesehariannya, namun pada kenyataannya tidak demikian karena tidak semua siswa yang memperoleh hasil belajar yang tinngi dalam pembelajaran akidah akhlak dapat mengamalkan dan menerapkannya dalam keseharian. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui adanya pengaruh dari pola asuh orang terhadap hasil belajar anak di Madrasah Ibtidaiyah At – Tarbiyah Loa Janan.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 22 orang, dengan menggunakan uji data seperti uji asumsi klasik, uji normalitas, uji linearitas, uji autokorelasi, uji koefisien determinasi, uji validalitas, uji reabilitas dan uji analisis regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah Field Work Research (Penelitian Lapangan), dengan menggunakan angket, dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian menujukkan adanya pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar anak di Madrasah Ibtidaiyah At – Tarbiyah Loa Janan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,688 pada tingkat kategori kuat, serta sumbangsih hasil dari pengaruh pola asuh terhadap hasil belajar anak sebesar 47,3,%, artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga koefisien korelasi pada penelitian ini dinyatakan signifikan. Teknik analisis yaitu menggunakan analisis regresi linear sederhana menunjukkan hasil koefesien determinasi nilai R hitung sebesar R hitung sebesar 0,890 tergolong kuat dan (R square) sebesar 0,793 yang artinya pengaruh variable independen (pola asuh) terhadap variable dependen (hasil belajar) sebesar 7%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh pola asuh terhadap hasil belajar siswa sangat kuat.