Show simple item record

dc.contributor.authorHasanah, Uswatun
dc.date.accessioned2024-08-19T03:30:20Z
dc.date.available2024-08-19T03:30:20Z
dc.date.issued2024-06-19
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4612
dc.description.abstractABSTRAK Uswatun Hasanah,2024. “Pengaruh Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di MI AT-Tarbiyah Loa Janan Kutai Kartanegara”. Skripsi, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs.Darwis, M.S.I selaku Pembimbing I dan Ibu Dr. Yusnia Binti Kholifah, M.Pd selaku Pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah tentang penanaman nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa di MI AT-Tarbiyah Loa Janan Kutai Kartanegara. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Populasi dan sample dalam penelitian ini adalah Siswa MI AT-Tarbiyah kelas 4A(Hanafi) dan 4B (Hambali) sebanyak 40 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Dengan keabsahan data meliputi Uji Validitas, dan Uji Reliabilitas. Dilengakapi juga menggunakan teknik analisi data seperti Uji Normalitas, Uji Lineritas, Uji Hipotesis dan Uji Determine. Hasil penelitian dari Uji Validitas dengan Variabel X 10 instrumen dan Variabel Y 10 instrumen, yang kemudian dilanjutkan dengan Uji Reliabilitas yaitu dengan hasil Variabel X rhitung > rtabel (0,428 > 0,312 dan Variabel Y (0,340 > 0,312). Kemudian untuk uji normalitas didapatkan hasil 0,200 > 0,05 dengan arti bahwa data yang digunakan normal dimana nilai signifikan > 0,05. Selanjunya uji linearitas, diketahui bahwa nilai signifikansi 0,888 > 0,05 yang artinya variabel X berhubungan linear terhadap variabel Y. Dan berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y, yaitu penanaman nilai-nilai pendidikan agama islam memiliki pengaruh terhadap pembentukan akhak siswa di MI AT-Tarbiyah Loa Janan Kutai Kartanegara. Penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang dimaksud seperti membiasakan melaksanakan hal-hal yang baik, mengajarkan tentang keimanan, mengajarkan tentang akhlak yang baik serta tata cara ibadah yang sesuai dengan ajaran Agama Islam. Dan fokus peneliatian ini yaitu pada pembentukan akhlak . Tujuan dari pembelajaran dan pembentukan akhlak adalah untuk meningkatkan hubungan yang baik antara manusia dengan penciptanya dan hubungan antara sesame manusia dan alam sekitarnya sehingga dapat menjadi pribadi yang baik sesuai dengan ajaran agama Islam serta dapat menjadi bekal untuk kehidupan di akhirat nantinya. Oleh karna itu sekolah lah salah satu tempat dalam untuk menanamkan moral dan akhlak yang baik. Dengan koefisien determinasi sebesar 31,5%. Sehingga Hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan diterima yaitu, terdapat pengaruh penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa di MI AT-Tarbiyah Loa Janan Kutai Kartanegara.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPenanaman Nilai-Nilai, Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Akhlaken_US
dc.titlePengaruh Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di MI AT-Tarbiyah Loa Janan Kutai Kartanegaraen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record