Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Kelas B1 Melalui Metode Mendongeng di TK Keledang Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Puji Septia Ningsih, 2024, “Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Kelas B1 Melalui Metode Mendongeng di TK Keledang Samarinda” Program Studi Pendidikan Islam anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Pembimbing penelitian ini adalah Ibu Dr. Robingatin, M. Ag selaku pembimbing I dan Ibu Sunanik, M. Pd.I sekalu pembimbing II.
Penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan konsentrasi anak dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Pada aspek fokus anak sebesar 25% dengan kategori belum berkembang. Respon anak sebesar 33.3% dengan kategori belum berkembang dan ketepatan jawaban anak sebesar 29.2% dengan kategori belum berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan konsentrasi anak melalui metode mendongeng pada anak kelas B1 di TK Keledang Samarinda. Oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi anak perlu digunakan metode mendongeng. Sesuai dengan penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa metode mendongeng mampu menarik perhatian anak, berbagi emosi dan perasaan serta meningkatkan daya imajinasi sehingga membantu konsentrasi anak dalam kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK yang dibuat secara bersama sama dengan guru kolaborator di kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Adapun masing masing siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini menggunakan model PTK Arikunto berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam perencanaan dilakukan satu kali dan pelaksanaan tiga kali pertemuan dan pengamatan serta satu kali refleksi setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B1 yang berjumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data yang bersifat deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan konsentrasi anak di kelas B1 TK Keledang Samarinda mengalami peningkatan. Dapat dilihat dari hasil observasi yang dilakukan dari pratindakan sebesar 25%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 66.7% dilanjutkan di siklus II menjadi 91.5% dengan kriteria berkembang sangat baik. Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode mendongeng dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi anak kelas B1 di TK Keledang Samarinda.