Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs At-Taqwa Harapan Baru Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Rini Chandra, “Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs At-Taqwa Harapan Baru Samarinda, 2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Fathul Jannah, M.S.I sebagai pembimbing I dan Bapak Dr. Muhammad Sali, S.Sos.I.,M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah peran guru sangatlah penting dalam meningkatkan minat belajar siswa di sekolah. Karena guru merupakan orang yang membimbing, melatiih, mengajar dan mengevaaluasi siswa peran guru juga sangat besar kontribusinya dalam mengajar didalam kelas. Minat belajar siswa tidak akan muncul dan berkembang tanpa adanya peran guru, oleh karena itu alasan peneliti mengambil penelitian ini karena untuk mengetaahui peren guru dalam meningkatkan miinat belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTs AtTaqwa Harapan Baru Samarinda. Serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam maningkatkan minat belajaar siswa .
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di MTs At-Taqwa Harapan Baru Samarinda dengan informan guru fikih dan siswa. Teknik penguumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitiian mengenai peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTs AtTaqwa Harapan Baru Samarinda, Peneliti menyimpulkan bahwa peran guru yang dilakukan sudah baik dimana guru fikih melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan berperan sebagai a) guru sebagai pembimbing, b) guru sebagai fasilitator, c) guru sebagai motivator dan d) guru sebagai evaluator dalam meningkatkan minaat belajar siswa. Guru fikih juga menggunakan metode yang bervariiatif, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, memberikan pujian terhadap keberhasilan siswa, memberikan hadiah sebagai bentuk penghargaan, dan mengadakan evaluasi sebagai tolak ukur tercapainya tujuan pembelajaran dalam meningkatkaan minat belajar siswa, adapun faktor penghambat dalam meningkatkan minat belajar siswa meliputi faktor kelelahan, suasana rumah, sarana prasarana dan juga kurangnya pendampingan orang tua siswa. Kemudian faktor pendukungnya yaitu faktor jasmani, faktor psikologis, intelegensi siswa, dan motivasi belajar.