Peran Guru dalam Mendidik Karakter Peduli Lingkungan pada peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Umi, 2024. “Peran Guru dalam Mendidik Karakter Peduli Lingkungan pada peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Wahdatun Nisa, M.A selaku dosen pembimbing I dan Ibu Rahmatillah, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Proses pendidikan merupakan sebuah proses yang dengan sengaja dilaksanakan semata-mata bertujuan untuk mencerdaskan. Guru adalah tenaga pendidik yang mentransformasikan ilmu dan pengetahuannya kepada peserta didik dengan tujuan agar peserta didik berjiwa islami dan berperilaku berdasarkan nilainilai Islam, guru perlu mengajarkan siswa pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah. Salah satu pendidikan karakter yang perlu diajarkan dalam sebuah lembaga adalah pendidikan karakter peduli lingkungan. Peduli lingkungan merupakan sikap dan perilaku berupaya untuk menjaga keindahan lingkungan dan mencegah dari kerusakan. Tujuan diterapkannya pendidikan karakter peduli lingkungan adalah agar siswa mempunyai kesadaran diri untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mendidik karakter peduli lingkungan pada peserta didik di MTs Labbaika Samarinda serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam mendidik karakter peduli lingkungan pada peserta didik di MTs Labbaika Samarinda.
Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research) yang berjenis kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, guru, data primer bersumber dari siswa sedangkan sekunder bersumber dari dokumen-dokumen. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Data tersebut dianalisis dan diolah melewati 3 tahap yaitu pengumpulan data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Triangulasi dilakukan untuk menguji keabsahan data tersebut.
Adapun hasil penelitian Peran Guru Dalam Mendidik Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik di MTs Labbaika Samarinda. Guru di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda berperan dalam mendidik karakter peduli lingkungan pada siswa. Terdapat dua peran yang dilakukan guru yaitu sebagai pendidik dan sebagai tauladan. Kemudian faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam mendidik karakter peduli lingkungan di MTs Labbaika Samarinda, yang menjadi faktor pendukung yaitu kebijakan lembaga seperti program sekolah penggunaan tumbler, budidaya ikan dan menanam tanaman hidroponik, dukungan dari seluruh guru dan komite sekolah serta fasilitas yang mendukung kegiatan seperti menyediakan 3 tempat sampah untuk berbagai jenis sampah. Selain itu yang menjadi faktor penghambat ialah masih terdapat sebagian siswa yang tidak menjaga lingkungan seperti membuang sampan sembarangan.