Strategi Pengelola Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non-Akademik Mahasiswa Kelas Khusus Internasional di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Zulhadi Wirawidaniawan, 2024. “Strategi Pengelola Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non-Akademik Mahasiswa Kelas Khusus Internasional di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”َ Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M.SI sebagai pembimbing pertama dan Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I, S.Pd sebagai pembimbing kedua.
Latar belakang penelitian ini diawali dengan banyaknya perolehan prestasi mahasiswa kelas khusus internasional yang stabil pada bidang akademik dan nonakademik dan hanya di program kelas khusus internasional satu-satunya jurusan dengan publikasi prestasi terbanyak di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Fenomena ini dilihat dari website dan sosial media kampus yang mengunggah prestasi-prestasi mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah agar dapat mengetahui strategi pengelola kelas khusus internasional dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik mahasiswa beserta implikasinya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif desktriptif dengan pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data utama penelitian ini adalah pihak pengelola kelas khusus internasional dan mahasiswa kelas khusus internasional yang berjumlah 58 orang yang terdiri dari mahasiswa kelas khusus internasional.
Hasil dari penelitian ini adalah pengelola menerapkan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transfering) dengan langkahlangkah seperti ilmu yang diberikan berubungan pada kehidupan sehari-hari, mahasiswa kelas khusus internasional mampu menerapkan dan mendapatkan pengalaman, mahasiswa bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat, mahasiswa mampu bekerjasama dan menciptakan kreatifitas, mahasiswa mampu mentransfer ilmu yang didapat di kehidupan sehari-hari dengan mempertimbangkankebermanfaatan dari ilmu tersebut. Kemudian Implikasi dari strategi yang diterapkan oleh pengelola ditandai dengan prestasi-prestasi mahasiswa kelas khusus internasional yang terus bertambah setiap tahunnya.