Implementasi Metode Small Group Discussion Dalam Melatih Keterampilan Berbicara bahasa Asing Mahasiswa Kelas Khusus Internasional Prodi Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Suaib Komo,ِ 2024.ِ “Implementasiِ Metode Small Group Discussion Dalam Melatih Keterampilan Berbicara bahasa Asing Mahasiswa Kelas Khusus Internasional Prodi Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda” Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M. SI sebagai pembimbing pertama dan Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I, S.Pd sebagai pembimbing kedua.
Latar belakang penelitian ini adalah mahasiswa kelas khusus internasional masih belum menguasai bahasa asing sehingga muncul penerapan metode small group discussion sebagai upaya untuk melatih keterampilan berbicara bahasa asing mereka. Wawancara awal ditemukan bahwa di dalam kelas khusus internasional penggunaan bahasanya lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia. Sehingga muncul keingintahuan implementasi metode small group discussion yang diterapkan untuk melatih keterampilan berbicara bahasa asing di dalam kelas khusus internasional UINSI Samarinda. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran metode small group discussion dalam melatih keterampilan berbicara mahasiswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas khusus internasional yang secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar sebanyak 58 mahasiswa serta pengelola KKI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Implementasi metode small group discussion dalam melatih keterampilan berbicara bahasa asing dalam perkuliahan mahasiswa KKI UINSI Samarinda dilaksanakan dengan cara membagi kelas menjadi kelompok kecil, mahasiswa diberikan tugas dan memaparkan tugas yang diberikan tiap kelompok, pada penjabaran tugas mahasiswa menggunakan pencampuran ketiga bahasa yakni bahasa Indonesia-Arab-Inggris; (2) Faktor pendukung dari implementasi metode ini adalah kualifikasi dosen yang terampil dalam berbicara bahasa asing, peran dukungan dosen yang menerapkan metode small group discussion agar mahasiswa terbiasa berbahasa asing cukup baik, motivasi mahasiswa agar tampil lebih berani sehingga muncul kepercayaan diri dan kemauan untuk berbicara bahasa asing saat melakukan diskusi dan presentasi, lingkungan yang mendukung kegiatan belajar mengajar menggunakan metode small group discussion serta kebijakan kampus yang menetapkan peraturan dan faktor penghambat adanya kelonggaran pada ketetapan berbahasa, daya manusia baik dosen dan mahasiswa yang tidak menerapkan bahasa asing saat kegiatan belajar mengajar dan hanya menerapkan sesi diskusi berbahasa Indonesia.