Penerapan Metode Tilawati PAUD Dalam Belajar Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini di TK Nur Rohmat Loa Gagak
Abstract
ABSTRAK
Arrum Sholekhah, 2024, “Penerapan Metode Tilawati PAUD Dalam Belajar Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini di TK Nur Rohmat Loa Gagak” Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Dr. Hj. Robingatin, M.Ag dan Ibu Sunanik, M.Pd.I
Latar belakang penelitian ini diawali dengan banyak ditemukan pemuda muslim yang kurang bisa membaca Al-Qur’an sehingga anak-anak di lingkungan sekitar kurang mendapat perhatian dalam hal mengaji saat di rumah, anak mengaji hanya saat di TPA maupun di sekolahan. Berdasarkan observasi penelitian yang dilakukan di TK Nur Rohmat memperoleh gambaran bahwasanya metode tilawati PAUD yang diterapkan kepada anak dalam pembelajaran Al-Qur’an pada implementasinya menggunakan media peraga kartu, peraga kaleder, dan buku tilawati PAUD.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek yang diteliti adalah anak kelas B1 yang berjumlah 12 anak. Tehnik pengumpul data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data mengunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. . Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi
Berdasarkan dari Penelitian di lembaga pendidikan di TK Nur Rohmat Loa Gagak Desa Loa Kulu Kota Kec.Loa Kulu, terdapat 2 Pendekatan yaitu pendekatan klasikal individu dan baca simak. serta 2 Teknik dalam pembelajaran membaca Alqur’an menggunakan metode tilawati yaitu Teknik guru membacakan anak mendengarkan, guru membacakan anak menirukan serta guru dan anak membaca bersama – sama. Dengan metode yang digunakan dalam pembelajaran membaca Al- Qur’an anak usia dini di TK Nur Rohmat tersebut Sebagian besar sudah bisa membaca Huruf Hijaiyyah dengan baik dan sesuai makhrojul huruf.