Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Madrasah Aliyah Daul Ihsan Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Hanafi. 17. 1110. 1087. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Madrasah Aliyah Daul Ihsan Samarinda”, 2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, penelitian ini dibawah bimbingan, Drs. Darwis, M.Si sebagai pembimbing I dan sebagai pembimbing II Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.PDi .
Peranan seoerang guru dalam meningkatkan hasil belajar menjadi suatu instrumen yang sangat penting bagi pembelajaran, ditambah saat pembelajaran di dalam kelas yang terlalu monoton para peserta didik mengalami kebosanan dalam belajar. Berangkat dari hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan obyek penelitian siswa kelas XI IPA 2 di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, penyebaran angket dan dokumentasi kepada peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisys, uji linieritas dan uji hepotesis.
Hasil penelitian yang dilakukan dengan hipotesis awal yaitu Ha adanya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar belajar sejarah kebudayaan islam siswa Madrasah Darul Ihsan Samarnad, pada Uji Simultan F diterima adanya pengaruh secara signifikan terkait media pembelajaran audio visual dengan nilai F hitung 5,757 > F tabel 4,13. Pada Uji T nilai signifikansi 0,022 < nilai probabilitas 0,05 dan nilai T hitung 2,032 > T tabel 1,997. Sehingga diambil keputusan terhadap hipotesis yaitu Ha diterima dan Ho ditolak.