pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim dalam Pembinaan Santri di Pondok Pesantren Al-Husna Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Syahrial, 2024. “pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim dalam Pembinaan Santri di Pondok Pesantren Al-Husna Samarinda.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I selaku Pembimbing I dan Bapak Dr. Sabran, M.Pd selaku Pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pembinaan bagi santri. Metode pembelajaran yang dapat menjadi pijakan utama dalam proses ini adalah melalui pengajaran kitab Ta’lim Muta’allim. Kitab Ta’lim Muta’allim merupakan salah satu kitab yang banyak diajarkan di pondok pesantren sebagai panduan dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim dilakukan, implikasi pembelajaran dalam kitab Ta’lim Muta’allim dalam pembinaan santri, serta faktor pendorong dan penghambatnya.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini ialah Pimpinan Pondok Pesantren, Ustadz, dan santri. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan langkah kerja Miles, Huberman dan saldana yaitu kondesasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian berkaitan dengan implikasi pembelajaran dalam kitab Ta’lim Muta’allim dalam pembinaan bagi Santri yaitu, menerapkan niat dalam melakukan sesuatu, saling menghormati, kerja keras, dan sabar. Kemudian faktor pendorongnya seperti, isi kitab yanh komprehensif, metode pengajaran yang efektif, lingkungan pesantren yang mendukung, serta teladan dari para guru. Sementara itu, faktor penghambatnya yaitu, kurangnya pemahaman santri, kurangnya motivasi dan komitmen, perbedaan latar belakang, hingga kesulitan beradaptasi.
Kata Kunci: Pembelajaran, Ta’lim Muta’allim, Pondok Pesantren Al-Husna