dc.description.abstract | ABSTRAK
Nur Anisa, 2017. Strategi Pembelajaran Kinestetik Pada Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Sulaiman Yasin Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Fathul Jannah, M.SI dan Amalia Nur Aini, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi salah satu masalah dalam dunia pendidikan yaitu lemahnya proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang ada dari dulu hingga sekarang kebanyakan peserta didik hanya dijadikan pendengar saja sehingga tidak ada perkembangan untuk hasil belajar dari mereka. Peneliti meneliti pada salah satu sekolah yang ada di kota Samarinda ini yaitu MTs. Sulaiman Yasin, dimana mayoritas guru pada sekolah tersebut lebih memilih untuk tidak menggunakan variasi atau strategi pembelajaran yang berbeda karena akan sulit jika harus selalu merubah strategi atau metode. Salah satu dari guru di MTs. Sulaiman Yasin yaitu guru Aqidah akhlak, beberapa kali memilih untuk menggunakan strategi pembelajaran kinestetik. Penggunaan strategi pembelajaran kinestetik ini tentunya dengan berbagai pertimbangan kesesuaian dengan materi pelajaran dan kondisi peserta didiknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pembelajaran kinestetik yang digunakan pada pelajaran aqidah akhlak pada sekolah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah seluruh data terkumpul peneliti merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting lalu disajikan kemudian ditarik kesimpulan. Peneliti juga melakukan teknik analisis data dengan melakukan reduksi data, display data, dan melakukan penyimpulan.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini ialah dalam pelaksanaannya strategi pembelajaran kinestetik ini menggunakan tiga tahap variasi strategi pembelajaran yaitu: 1: Strategi pengorganisasian, yaitu dengan mengkonsep dan menyusun rpp; 2: Strategi penyampaian, yaitu dengan penggunaan metode card short; 3: Strategi pengelolaan, yaitu pengadaan evaluasi kepada peserta didik dan pengkoreksian strategi serta metode yang digunakan. | en_US |