dc.contributor.author | Anwar, Chairul | |
dc.date.accessioned | 2024-11-04T06:41:01Z | |
dc.date.available | 2024-11-04T06:41:01Z | |
dc.date.issued | 2021 | |
dc.identifier.issn | 2527-5011 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4670 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep contextual teaching and
learning (CTL) dalam proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan
yaitu penelitian library. Data yang diperoleh kemudian dianalisis serta ditelaah
secara mendalam atas referensi yang dipakai, sebagaimana halnya dalam studi
kepustakaan atau library research. Penelitian ini, menjelaskan bahwa
pembelajaran kontekstual teaching and learning (CTL) memiliki dasar normatif
yang menjadi pijakan atau acuan untuk digunakan dalam mengajarkan materi
pendidikan Agama Islam di sekolah ataupun pada madrasah. Hasil analisis yaitu
bahwa secara konseptual bahwa CTL adalah jenis pendekatan yang
menggunakan cara pandang dan/atau metode analisis terpadu. Proses
pembelajaran yang memungkinkan untuk diintegrasikan perlu didiskusikan
untuk menemukan kesamaan dan kegunaannya, sehingga dapat lebih
komprehensif dan lebih kontekstual. Penerapan paradigma ini telah dijelaskan
memiliki beberapa kendala ketika dievaluasi. Penerapan pembelajaran
contextual teaching and learning di dalam kelas memberi kesempatan siswa
untuk mengembangkan diri untuk belajar mandiri dan berkolaborasi. Penerapan
CTL ini juga sangat bersinergi dengan materi PAI, sehingga dalam pengembangan
bahan ajar dapat diterima oleh siswa. Temuan penelitian ini dapat menjadi
referensi untuk penelitian serupa selanjutnya tentang konsep interkoneksi
integratif di masa mendatang. | en_US |
dc.publisher | EDUCASIA, Vol. 6 N0. 1, 2021, | en_US |
dc.subject | MODEL PEMBELAJARAN | en_US |
dc.title | Kajian Literatur: Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Materi Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.type | Article | en_US |