Show simple item record

dc.contributor.authorAnwar, Chairul
dc.date.accessioned2024-11-04T06:41:01Z
dc.date.available2024-11-04T06:41:01Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.issn2527-5011
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4670
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep contextual teaching and learning (CTL) dalam proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian library. Data yang diperoleh kemudian dianalisis serta ditelaah secara mendalam atas referensi yang dipakai, sebagaimana halnya dalam studi kepustakaan atau library research. Penelitian ini, menjelaskan bahwa pembelajaran kontekstual teaching and learning (CTL) memiliki dasar normatif yang menjadi pijakan atau acuan untuk digunakan dalam mengajarkan materi pendidikan Agama Islam di sekolah ataupun pada madrasah. Hasil analisis yaitu bahwa secara konseptual bahwa CTL adalah jenis pendekatan yang menggunakan cara pandang dan/atau metode analisis terpadu. Proses pembelajaran yang memungkinkan untuk diintegrasikan perlu didiskusikan untuk menemukan kesamaan dan kegunaannya, sehingga dapat lebih komprehensif dan lebih kontekstual. Penerapan paradigma ini telah dijelaskan memiliki beberapa kendala ketika dievaluasi. Penerapan pembelajaran contextual teaching and learning di dalam kelas memberi kesempatan siswa untuk mengembangkan diri untuk belajar mandiri dan berkolaborasi. Penerapan CTL ini juga sangat bersinergi dengan materi PAI, sehingga dalam pengembangan bahan ajar dapat diterima oleh siswa. Temuan penelitian ini dapat menjadi referensi untuk penelitian serupa selanjutnya tentang konsep interkoneksi integratif di masa mendatang.en_US
dc.publisherEDUCASIA, Vol. 6 N0. 1, 2021,en_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARANen_US
dc.titleKajian Literatur: Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Materi Pendidikan Agama Islamen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record