Show simple item record

dc.contributor.authorHardiyanti, Siti
dc.date.accessioned2020-06-08T02:04:31Z
dc.date.available2020-06-08T02:04:31Z
dc.date.issued2017-09-14
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/467
dc.description.abstractABSTRAK Siti Hardiyanti, 2017. Strategi Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Guru PAI di SMK Negeri 2 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Fathul Janah, M.SI selaku pembimbing I dan dan Muhammad Iwan Abdi, M.SI selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah peneliti menemukan guru PAI yang memiliki kemampuan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan baik sesuai kurikulum 2013 sebelum mengajar. Penyusunan RPP dilakukan sebelum mengajar maka guru tersebut mengetahui kekurangan dan kendala yang akan dihadapi dan mempersiapkan jalan keluar untuk mengatasi permasalahan tersebut. Keberhasilan guru dalam proses pembelajaran sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam menyusun RPP. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui lebih jauh melalui penelitian tentang RPP kurikulum 2013 guru PAI di sekolah. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penyusunan RPP kurikulum 2013 guru PAI di sekolah. Sumber data dalam penelitian antara lain Waka Kurikulum, dan guru PAI SMK yang berjumlah 5 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan instrumen wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengujian keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penyusunan RPP guru PAI tetap berpedoman pada ketentuan pemerintah. Penyusunan tersebut meliputi Indikator pencapaian hasil disusun menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran, kemudian indikator disusun menggunakan kata kerja operasional yang disesuaikan dengan kelas dan kemampuan siswa. Materi pembelajaran dibatasi dengan mempertimbangkan alokasi waktu yang tersedia, jika alokasi waktu mencukupi materi bisa dibuat menjadi 2 kali pertemuan, tapi jika tidak maka dibuat menjadi 3 kali pertemuan atau lebih. Kegiatan pembelajaran dibagi menjadi 3 bagian yakni pendahuluan (20 menit), kegiatan inti (100 menit), dan penutup (15 menit) disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing guru. Evaluasi dapat dilakukan dengan cara pemberian PR, ulangan harian, tanya jawab, presentasi dan lain-lain. Strategi dan pemilihan metode disesuaikan dengan materi yang diajarkan dan disesuaikan alokasi waktu agar tujuan dari materi tersampaikan dengan baik. Media menggunakan LCD, karton, papan tulis dan lain-lain yang tersedia di sekolah dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Sumber belajar berupa orang (narasumber), buku, internet, kitab dan referensi lain.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectKurikulum 2013, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Strategien_US
dc.titleStrategi Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Guru PAI di SMK Negeri 2 Samarinaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record