Hubungan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an dengan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wali Irsyad Kecamatan Loa Janan
Abstract
ABSTRAK
Hulul Rahmah, 2017. Hubungan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an dengan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wali Irsyad Kecamatan Loa Janan, Skripsi, Program Studi Pendidiakan Agama Islam, Fakultas Taribyah dan Ilmu Keguruan, Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Pembimbing (I) Dr. Robingatin,M. Ag. (II) Lina Revilla Malik, M. Si.
Latar belakang penelitan ini adakah hubungan kemampuan baca tulis Al-Qur’an dengan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang ada di MTs Darud Da’wah Wal Irsyad Kecamatan Loa Janan, Program BTQ disekolah ini untuk memberikan bekal kepada peserta idik guru menyiapkan generasi Qur’ani yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan antara kemampuan baca tulis Al-Qur’an dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Kecamatan Loa Janan Kota Samarinda.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif Kuantitatif denganvariabel independen pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (X) data variabel tersebut dikumpulkan dengan metode dokumentasi ( mengumpulkan nilai raport) pada mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an. Sedangkan variabel dependen hasil belajar Al-Qur’an Hadits (Y) diperoleh dengan mengumpulkan nilai raport pada semester genap dan ganjil peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad kecamatan Loa Janan dapat dikatakan masih di bawah KKM hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata sebesar 71.139.Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MadrasahTsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Kecamatan Loa Janan dapat dikatakan masih dibawah KKMhal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata sebesar 70.889, hubungan kemampuan baca tulis Al-Qur’an dengan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Kecamatan Loa Janan sebesar 0.781. Apabila diinterpretasikan pada table interpretasi nilai r, maka berada pada level 0.600 –0.799 yang berarti tingkat hubungan antar variabel kuat.