Penguatan Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Berbasis Islamic Model Class pada Sekolah Dasar 1 YPK Di Bontang
Date
2024-12Author
Bahrani, Bahrani
Ananiah, Ananiah
Rohim, Muhammad
Muhsin, Muhsin
Ariyanti, Ariyanti
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu Pendidikan melalui penguatan manajemen sekolah di Sekolah Dasar YPK di Kota Bontang berbasis Islamic Model Class (IMC). Program Islamic Mdel Class telah dilaksanakan selama 5 tahun di SD Yayasan Pupuk Kaltim di Kota Bontang. Model pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai islam dalam seluruh aspek pendidikan, mulai dari kurikulum, meotde pengajaran, hingga lingkungan sekolah. Model ini tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan potensi akademik siswa, tetapi juga membentuk karakter Islamic yang kuat. SD YPK memiliki 1 kepala sekolah, 17 guru, 4 tenaga Kependidikan dan 65 siswa. Metode pengabdian menggunakan teori prinsip – prinsip Total Quality Management, Edward Sallis (Survey, Fokus Group Diskusi, dan Evaluasi(Tindakan Perbaikan). Pengabdian ini dilaksanakan berdasarkan hasil penelitian dan wawancara bahwa manajemen sekolah berbasis Islamic Model Class telah dilaksanakan melalui proses perencanaan dan organizing, namun pada aspek perencanaan, implementasi dan monitoring serta evaluasi belum terlaksana dengan baik terkait dengan program Islamic Model Class selama 5 tahun. Kurikulum sekolah belum terintegrasi dengan program Islamic Model Class dan pengukuran terhadap pelaksanaan program Islamic Model Class belum ada terkait tentang kinerja guru, kinerja siswa, kepuasan orang tua, budaya sekolah yang islami. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan pendampingan yang diawali dengan Focus Group Discussion. Pada tahap ini, diskusi melibatkan pengurus Yayasan, kepala sekolah, guru, staf dan orang tua membahas tentang kurikulum yang terintegrasi dengan program IMC, pengajaran berbasis karakter Islam, penerapan budaya sekolah yang Islamic, pembinaan guru dan staf, dan pelibatan orang tua dalam program IMC, monitoring dan evaluasi. Selanjutnya adalah tahap tindakan perbaikan. Peneliti melakukan evaluasi kinerja guru dan siswa terkait program Islamic Model Class, pengukuran dampak terhadap budaya sekolah yang Islamic, dan pengembangan kurikulum, pelatihan guru-guru, penyesuaian mata ajar dengan nilai-nilai Islami melalui program hafalan Al-Quran dan pengembangan materi keislaman seperti (Tahfidz Alquran, akhlak fikih, hadis kaligraphi naskah, nasyid, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris), kolaborasi orang tua dengan sekolah untuk mendukung program IMC, pengukuran kinerja guru dan siswa, serta pengukuran implementasi nilai-nilai Islamic yang terintegrasi dengan proses pembelajaran dan dukungan orang tua terhadap program Islamic Model Class.
Collections
- Laporan Penelitian [47]