Analisis Peran Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligences) dalam Transformasi Sistem Manajemen Pendidikan yang Bermutu di Era Metaverse
Date
2024Author
Daga, Agustinus Tanggu
Nasril, Nasril
Ramli, Akhmad
Anwar, Chairul
Ridani, Ahmad
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dalam transformasi sistem manajemen pendidikan yang bermutu di era Metaverse. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka yang melibatkan analisis terhadap literatur terkait penggunaan kecerdasan buatan dalam konteks pendidikan dan Metaverse. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kecerdasan buatan dapat memperbaiki efisiensi dan efektivitas sistem manajemen pendidikan dengan menyediakan solusi cerdas untuk pengelolaan data, personalisasi pembelajaran, prediksi kebutuhan peserta didik, dan peningkatan pengalaman belajar di lingkungan virtual Metaverse. Metaverse memberikan tantangan dan peluang baru dalam pendidikan, dan integrasi kecerdasan buatan menjadi kunci dalam mengoptimalkan sistem manajemen pendidikan di eraini. Dengan teknologi AI, institusi pendidikan dapat meningkatkan akurasi prediksi, mengoptimalkan proses pengambilan keputusan, dan meningkatkan responsivitas terhadap kebutuhan peserta didik. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan sistem manajemen pendidikan yang adaptif, responsif, dan berkualitas di era Metaverse yang terus berkembang.KataKunci:Analisis Peran Kecerdasan Buatan, Manajemen Pendidikan, Era Metaverse
Collections
- Artikel Umum [158]