PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMP NEGERI 22 SAMARINDA
Abstract
Ryan Kusuma Wardana. 2024. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa SMP Negeri 22 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Dibimbing oleh Dr. Hj. Fathul Janah, M.S.I. dan H. Susanto, Lc., M.Pd.I.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam (PAI) seperti Baca Tulis Qur'an, Tahfidz, dan Habsy di SMP Negeri 22 Samarinda sebagai sarana penanaman kecerdasan spiritual siswa. Namun, tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan ini masih rendah karena waktu pelaksanaan yang dilakukan setelah jam sekolah berakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan ekstrakurikuler PAI terhadap kecerdasan spiritual siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 125 siswa, dengan sampel sebanyak 95 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kegiatan ekstrakurikuler PAI terhadap kecerdasan spiritual siswa. Nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 3,810 > ttabel 1,665, sehingga Ha diterima. Nilai determinasi (r) sebesar 0,367 menunjukkan pengaruh dalam kategori rendah, artinya kegiatan ekstrakurikuler PAI berpengaruh sebesar 36,7% terhadap kecerdasan spiritual siswa, sementara sisanya sebesar 63,3% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Ekstrakurikuler, Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Spiritual.